kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Turunkan Glukosa dalam Darah untuk Pasien Diabetes, Konsumsi 10 Buah & Sayur Ini


Senin, 26 Juni 2023 / 06:23 WIB
Cara Turunkan Glukosa dalam Darah untuk Pasien Diabetes, Konsumsi 10 Buah & Sayur Ini
ILUSTRASI. Ada 10 buah dan sayur yang direkomendasikan untuk menjaga gula darah Anda tetap rendah.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Bagi penderita diabetes, peningkatan glukosa darah jangka panjang dapat menyebabkan masalah dalam bentuk peningkatan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kehilangan penglihatan. Dan jika Anda memiliki pradiabetes, Anda pasti ingin memperhatikan kadar gula yang masuk dalam tubuh.

Mengurangi konsumsi permen memainkan peran utama dalam mengelola gula dalam tubuh. Meski demikian, Anda tidak harus menghilangkan semua makanan manis untuk menjaga kadar gula Anda tetap rendah. 

Beberapa buah bisa menjadi pilihan yang sangat membantu. Memang, tidak ada buah yang benar-benar menurunkan glukosa darah Anda (karena bagaimanapun juga, buah mengandung gula). Tetapi beberapa pilihan lebih baik daripada yang lain.

Berikut adalah 10 buah dan sayur yang direkomendasikan untuk menjaga gula darah Anda tetap rendah seperti yang dilansir dari Eat This Not That dan Healthline:

1. Blackberry

Blackberry memiliki indeks glikemik (GI) yang sangat rendah yaitu 25. Tidak akrab dengan indeks glikemik? Ini adalah skala yang mengukur seberapa banyak makanan tertentu meningkatkan gula darah. 

Menurut Mayo Clinic, makanan dengan skor 1 hingga 55 adalah GI rendah, makanan yang berada di peringkat antara 56 dan 69 adalah GI sedang, dan 70-plus adalah GI tinggi. 
Skor rendah blackberry berarti mereka tidak akan meningkatkan gula darah sebanyak buah GI tinggi seperti mangga atau anggur.

Selain angka glikemik yang rendah, blackberry sarat dengan serat. Penelitian menunjukkan diet tinggi serat dapat memerangi resistensi insulin dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga: Selain Enak, Ini 6 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

2. Blueberry

Dengan kandungan serat yang cukup 3,5 gram per cangkir dan indeks glikemik rendah 53, blueberry masuk dalam daftar buah terbaik untuk gula darah. 

Sebuah tinjauan tahun 2016 terhadap beberapa penelitian menemukan bahwa buah beri berwarna nila dapat memiliki efek anti-diabetes pada manusia dan hewan (tetapi menekankan perlunya penelitian lebih lanjut tentang topik tersebut).

Sebaiknya pilih blueberry liar. Karena ukurannya yang lebih kecil, mereka memiliki rasio kulit dan buah yang lebih tinggi. Per cangkir, blueberry liar memiliki lebih dari 6 gram serat. Buah ini juga penuh dengan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Gejala Asam Urat yang Tak Boleh Dianggap Sepele, Kenali Sebelum Telat




TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×