kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45939,02   3,68   0.39%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Enak Dapatkan Manfaat Timun untuk Darah Tinggi, Cek Buah Penurun Hipertensi


Selasa, 05 September 2023 / 05:00 WIB
Cara Enak Dapatkan Manfaat Timun untuk Darah Tinggi, Cek Buah Penurun Hipertensi


Sumber: Grid,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Timun untuk Darah Tinggi - Jakarta. Simak cara enak mendapatkan manfaat timun untuk darah tinggi. Selain dengan timun, konsumsi buah penurun darah tinggi juga mampu membantu pengobatan hipertensi.

Mentimun atau timun dipercaya memiliki manfaat untuk penurun darah tinggi. Benarkah manfaat timun untuk darah tinggi?

Sejak jaman dahulu, banyak orang percaya timun adalah penurun darah tinggi. Bagaimana timun bisa bermanfaat untuk darah tinggi?

Dilansir dari Grid.id, Healthline menyebutkan manfaat timun sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Salah satu penyebab seseorang mengalami hipertensi karena asupan garam terlalu tinggi. Asupan garam yang terlalu tinggi maka menandakan kadar natrium yang tinggi. Tingginya kadar natrium bisa menyebabkan tubuh menahan cairan.

Sementara itu, timun kaya akan kalium. Makan timun akan mendorong rasa ingin buang air kecil. Ini merupakan cara tubuh mengeluarkan natrium, sehingga tekanan darah akan menurun.

Baca Juga: Pare untuk Darah Tinggi? Simak Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Alami

Selain memakannya langsung, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara menambahkan air dengan beberapa potongan mentimun.

Selain membantu menurunkan tekanan darah, minum air mentimun juga bisa membuat tubuh lebih terhidrasi. Cara lain untuk mendapatkan manfaat timun untuk darah tinggi adalah menjadikannya jus.

Berikut cara enak mendapatkan manfaat timun untuk penurun darah tinggi:

  • Mula-mula, siapkan timun yang sudah matang dan lemon.
  • Cuci bersih mentimun, lalu potong-potong dalam ukuran sedang.
  • Masukkan potongan mentimun ke dalam blender, kemudian haluskan selama kurang lebih 1 sampai 2 menit.
  • Supaya mudah meminumnya, sebaiknya Anda menyaring jus tersebut.
  • Kemudian, tambahkan perasa lemon untuk meningkatkan rasa.
  • Minum jus timun penurun darah tinggi setiap hari jika Anda menderita

Buah penurun darah tinggi

Tak hanya timun, sejumlah buah juga mengandung manfaat untuk penurun darah tinggi. Dilansir dari Kompas.com, berikut buah penurun tinggi yang perlu dikonsumsi untuk membantu pengobatan hipertensi.:

1. Bit 

Buah penurun darah tinggi yang pertama adalah buah bit. Bit juga termasuk makanan yang baik dikonsumsi penderita darah tinggi. Studi menyebut, penderita hipertensi yang minum satu cangkir jus bit setiap hari selama empat minggu memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol. 

Efek minum jus bit ini dalam menurunkan darah tinggi nyaris sama dengan obat darah tinggi. Para ahli menyebutm kadar nitrat anorganik dalam bit dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

2. Kiwi 

Buah penurun darah tinggi yang kedua adalah buah kiwi. Menurut sebuah penelitian, kiwi juga termasuk buah untuk menurunkan darah tinggi. Penderita tekanan darah tinggi yang makan tiga buah kiwi setiap hari selama delapan minggu memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol. 

Menurut ahli, kiwi banyak mengandung vitamin C yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan. 

3. Semangka 

Buah penurun darah tinggi yang ketiga adalah buah semangka. Semangka juga bisa digunakan sebagai buah penurun darah tinggi alami. Buah ini mengandung asam amino citrulline. Senyawa ini dapat membantu tubuh memproduksi gas nitrat yang dapat melemaskan pembuluh darah dan membuat arteri makin lentur. 

Efek ini dapat membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. 

4. Stroberi dan blueberry 

Buah penurun darah tinggi yang keempat adalah stroberi dan blueberry. Dilansir dari Medical News Today, buah beri seperti stroberi dan blueberry dapat membantu menurunkan darah tinggi. Studi menunjukkan, stroberi dan blueberry mengandung senyawa antioksidan jenis antosianin yang dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. 

5. Pisang 

Buah penurun darah tinggi yang kelima adalah buah pisang. Pisang termasuk buah yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung banyak potasium yang bisa menurunkan darah tinggi. 

Menurut American Heart Association, potasium bisa mengurangi efek buruk natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Hal yang perlu diperhatikan, penderita tekanan darah tinggi yang punya gangguan ginjal perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi pisang atau makanan tinggi potasium lainnya. 

Mengonsumsi asupan mengandung potasium terlalu banyak bisa memperberat kinerja ginjal pada pengidap penyakit ginjal. 

6. Delima 

Buah penurun darah tinggi yang keenam adalah buah delima. Rutin makan buah delima setiap hari juga dapat membantu menurunkan darah tinggi secara alami. Buah ini bisa membantu mengontrol kadar tekanan darah karena banyak mengandung antioksidan. 

7. Jeruk 

Buah penurun darah tinggi yang ketujuh adalah buah jeruk. Melansir Healthline, buah untuk membantu menurunkan darah tinggi secara alami lainnya yakni jeruk. Jeruk seperti jeruk peras, lemon, nipis, sampai jenis jeruk kupas banyak mengandung vitamin, mineral, dan senyawa yang bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi. 

Efek penurun darah tinggi dalam buah jeruk ini semakin optimal apabila dikombinasikan dengan olahraga aerobik seperti jalan kaki. 

8. Tomat 

Buah penurun darah tinggi yang kedelapan adalah buah tomat. Tomat banyak mengandung potasium dan likopen yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain mengontrol tekanan darah, tomat juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Itulah manfaat timun untuk darah tinggi dan 8 buah penurun darah tinggi untuk membantu menyembuhkan hipertensi. Ingat, cara alami menurunkan darah tinggi ini bukan untuk menggantikan obat hipertensi dari dokter. Obat darah tinggi tetap wajib dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×