kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Timun Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Cek Cara Turunkan Darah Tinggi Tanpa Obat


Rabu, 17 Mei 2023 / 15:24 WIB
Apakah Timun Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Cek Cara Turunkan Darah Tinggi Tanpa Obat


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apakah timun bisa menurunkan darah tinggi? Simak cara menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat untuk mencegah hipertensi.

Banyak orang yang bertanya-tanya "apakah timun bisa menurunkan darah tinggi"? Banyak orang pun menyarankan agar penderita hipertensi rajin makan timun untuk menurunkan darah tinggi.

Lalu, apakah timun bisa menurunkan darah tinggi?

Diberitakan Momsmoney.id, timun adalah buah yang cukup populer di kalangan penderita hipertensi. Konsumsi timun dipercaya memiliki khasiat dalam menurunkan tekanan darah. Ternyata, mentimun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kondisi ini.  

Menurunkan tekanan darah tinggi sebenarnya tak harus melulu lewat obat-obatan medis. 

Timun atau mentimun bisa diolah menjadi jus atau es mentimun untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Timun juga kaya vitamin C, kalium, dan antioksidan, seperti karotenoid dan tokoferol.

Nutrisi-nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah. Selain itu, kalium juga merelaksasi dinding pembuluh darah yang efeknya bisa menurunkan tekanan darah.  

Baca Juga: Segar dan Mudah Dibuat! Jus Ini Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tingkat kalium yang normal di dalam tubuh juga penting untuk mengonduksi sinyal listrik pada sistem saraf dan jantung.

Perlu Anda ketahui bahwa orang yang memiliki hipertensi berisiko tinggi mengalami serangan jantung atau gagal jantung.  

Melansir dari American Heart Association, tekanan darah tinggi membuat pembuluh darah arteri pada jantung menjadi kurang fleksibilitas, sehingga menyulitkan darah mengalir lancar.  

Seiring waktu, kondisi tersebut bisa memperberat kinerja jantung dalam memompa darah dan akhirnya menyebabkan penyakit jantung.  

Dengan mengonsumsi timun yang kaya kalium, penderita hipertensi bisa mengendalikan tekanan darah tinggi, sekaligus melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah di sekitarnya.  

Tenang, Anda bisa mendapatkan semua manfaat tersebut dengan menambahkan timun pada menu makan sehari-hari. Tujuannya, agar Anda mengonsumsi timun secara rutin.  

Anda bisa memakan timun langsung sebagai camilan, mengolahnya menjadi masakan tumis, lalap, atau acar.  

Jangan lupa, cara mengolah timun juga harus benar. Pastikan Anda tidak menambahkan banyak garam ketika membuat tumis timun. Pilih buah timun yang kondisinya segar, bukan layu.  

Ini karena kualitas nutrisi yang paling baik ada pada timun yang segar. Cuci buah timun dengan air bersih mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat

Diberitakan Kompas.com, MedicineNet menyebutkan ada beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan tanpa obat. Berikut cara menurunkan darah tinggi tanpa obat:

1. Rileks

Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat yang pertama adalah rileks. Duduk, ambil napas dalam-dalam, cobalah untuk rileks dan fokus pada pernapasan. Stres dan kecemasan dapat meningkatkan tekanan darah. Karena itu, meluangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri dapat membantu menurunkannya.

2. Minum air

Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat yang kedua adalah minum air. Dehidrasi dapat menyebabkan tekanan darah naik. Jadi minum segelas air dapat membantu menurunkannya.

3. Beraktivitas fisik

Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat yang ketiga adalah beraktivitas fisik. Jalan-jalan atau melakukan peregangan ringan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini alasan penderita darah tinggi dianjurkan melakukan olahraga teratur.

4. Makan cokelat hitam

Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat yang keempat adalah makan cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung flavonoid yang telah terbukti menurunkan tekanan darah. Tapi, pastikan untuk makan cokelat secukupnya.

5. Mandi air dingin

Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat yang kelima adalah mandi air dingin. Air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

6. Minum teh hibiscus atau chamomile

Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat yang keenam adalah minum teh hibiscus atau chamomile. Secangkir teh hibiscus atau chamomile dapat membantu Anda merasa lebih tenang, sehingga tekanan darah bisa turun perlahan-lahan. Hindari minum teh hitam atau kopi saat darah tinggi karena hanya akan meningkatkan tekanan darah yang sudah tinggi.

7. Mandi air hangat

Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat yang ketujuh adalah mandi air hangat. Jika air dingin dapat mempersempit pembuluh darah, menurut Tufts Medical Center, mandi air hangat setidaknya selama 15 menit dapat membantu mengurangi ketegangan otot. Ketika Anda rileks, maka tekanan darah akan turun.

8. Lakukan latihan pernapasan

Cara menurunkan darah tinggi tanpa obat yang kedelapan adalah melakukan latihan pernapasan. Ambil napas dalam-dalam, tahan napas selama sekitar dua detik, lalu perlahan-lahan hembuskan. Berhentilah beberapa saat dan ulangi latihan ini lagi hingga tubuh terasa lebih rileks.

Itulah jawaban dari pertanyaan "apakah timun bisa menurunkan darah tinggi". Lakukan cara menurunkan darah tinggi tanpa obat untuk alternatif mendukung pengobatan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×