kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,85   -4,08   -0.41%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buah-Buahan untuk Menurunkan Darah Tinggi, Cek Juga Cara Alami Mengobati Hipertensi


Jumat, 07 April 2023 / 11:37 WIB
Buah-Buahan untuk Menurunkan Darah Tinggi, Cek Juga Cara Alami Mengobati Hipertensi
ILUSTRASI. Buah-Buahan untuk Menurunkan Darah Tinggi, Cek Juga Cara Alami Mengobati Hipertensi


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi. Kenali juga cara alami lain menurunkan darah tinggi.

Pasien hipertensi perlu mengetahui buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi. Buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi ini bukan untuk menggantikan obat dari dokter.

Buah-buahan tertentu bermanfaat membantu menurunkan darah tinggi. Jadi buah-buahan tersebut bisa membantu obat dokter menurunkan darah tinggi.

Menurut Kementerian Kesehatan, hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/ tenang.

Dilansir dari Momsmoney.id, Mayo Clinic menyebutkan beberapa buah-buahan yang ampuh menurunkan darah tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Berikut daftar buah-buahan yang bisa membantu menurunkan darah tinggi:

Baca Juga: 10 Bahan Alami untuk Obati Hipertensi, Tak Perlu Pergi ke Apotek

1. Tomat

Buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi pertama adalah tomat. Tomat juga mengandung potasium yang baik untuk menurunkan darah tinggi.  

Anda bisa mengonsumsi tomat dalam salad, dikonsumsi secara langsung dalam bentuk buah, atau dijadikan makanan sehat lainnya.  

2. Alpukat

Buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi kedua adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan potasium yang bisa membantu Anda mengontrol tekanan darah.  

Anda bisa mengonsumsi alpukat dalam bentuk buah, mencampurkannya ke dalam salad, atau membuat alpukat sebagai minuman sehat.  

3. Semangka

Buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi ketiga adalah semangka. Semangka mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.   

Buah ini juga mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah, dilansir dari Healthline. 

4. Pisang 

Buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi keempat adalah pisang.  Pisang menjadi salah satu buah penurun darah tinggi karena mengandung potasium didalamnya.  

Potasium adalah mineral yang bisa mengurangi efek natrium dan menurunkan ketegangan di dinding pembuluh darah.

Baca Juga: Cari Tahu yuk, Inilah Sederet Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

5. Apel

Apel

Buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi kelima adalah apel. Apel merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali nutrisi dan mineral di dalamnya.  

Salah satu kandungan yang bisa membantu menurunkan darah tinggi adalah kandungan potasium di dalamnya.  

Cara menurunkan darah tinggi secara alami

Selain dengan konsumsi buah-buahan di atas, ada cara lain menurunkan darah tinggi secara alami. Dilansir dari Kontan.co.id, berikut cara menurunkan darah tinggi secara alami:

Konsumsi Makanan Bergizi

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang pertama adalah konsumsi makanan bergizi. Mengonsumsi makanan bergizi adalah hal penting yang bisa Anda coba untuk menurunkan tekanan darah. Pilihlah sayur, buah, biji utuh, dan produk olahan susu rendah lemak yang Anda sukai. Namun, pastikan memilih makanan yang rendah sodium, ya.

Kurangi Konsumsi Garam

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang kedua adalah mengurangi konsumsi garam. APWU Health Plan (apwuhp.com) merekomendasikan Anda untuk mengurangi asupan garam. Hal itu disebabkan karena garam mengandung banyak sodium. Sebaiknya, penderita hipertensi tidak mengonsumsi garam lebih dari 1500 mg per hari.

Selain garam, masih banyak jenis makanan lain yang mengandung sodium, misalnya makanan kaleng. Maka dari itu, cobalah untuk membaca label kemasan sebelum mengonsumsi makanan tersebut. Alih-alih menggunakan garam, Anda bisa menambah cita rasa makanan dengan memanfaatkan rempah lain.

Kelola Stres

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang ketiga adalah mengelola stres. Mengelola stres dengan baik termasuk salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi yang sebaiknya Anda coba. Saat stres, ada kemungkinan Anda untuk lebih sering merokok, mengonsumsi alkohol lebih banyak, dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Beberapa hal itulah yang membuat tekanan darah tinggi. Cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Misalnya, melakukan hobi, olahraga, atau jika perlu berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, stres akan terkontrol, begitu pula dengan tekanan darah Anda.

Baca Juga: 4 Obat herbal tekanan darah tinggi dari bahan alami

Olahraga

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang keempat adalah berolahraga. Mengutip dari APWU Health Plan, olahraga secara rutin bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi yang efektif. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Cobalah untuk olahraga selama 30 menit per hari sebanyak lima hari per minggu. Sesuaikan olahraga dengan kondisi Anda, ya. Anda juga bisa berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menentukan olaharaga yang tepat untuk Anda coba.

Itulah daftar buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi dan cara lain menurunkan darah tinggi secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×