Camilan ini bisa menurunkan kolesterol, mulai edamame hingga popcorn

Rabu, 06 Oktober 2021 | 23:05 WIB Sumber: Kompas.com
Camilan ini bisa menurunkan kolesterol, mulai edamame hingga popcorn


KONTAN.CO.ID - Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko sejumlah penyakit berbahaya termasuk serangan jantung dan stroke. Berikut ini camilan terbaik untuk menurunkan kolesterol.

Biar terhindar dari penyakit berbahaya, Anda harus menjaga kadar kolesterol tetap berada di ambang normal. Salah satunya, dengan menjaga pola makan. 

Ada beberapa jenis makanan yang harus penderita kolesterol tinggi jauhi. Misalnya, daging merah berlemak, susu, metega, udang, dan minuman beralkohol. 

Selain itu, menjauhi gorengan. Hanya, hal ini biasanya agak sulit karena orang Indonesia sangat gemar menyantap gorengan, baik sebagai lauk maupun camilan. 

Tapi tenang, ada beberapa pilihan makanan lain yang bisa menggantikan gorengan sebagai camilan favorit. Apa saja? 

Baca Juga: Makanan kaya vitamin C ini bisa mengurangi asam urat

Camilan untuk menurunkan kolesterol tinggi 

Penderita kolesterol tinggi biasanya sudah menyadari pentingnya menjaga pola makan. Sayangnya, hal ini sulit mereka lakukan, khususnya jika sedang berada di luar jam makan utama. 

Umumnya, penderita kolesterol tinggi tidak terlalu teliti memilih camilan di sela-sela jam makannya. Misalnya, makan lebih banyak gorengan, makanan cepat saji, atau es krim tinggi lemak. 

Tanpa disadari, hal ini berdampak pada kadar kolesterolnya. Ubah kebiasaan ini dan konsumsi lebih banyak camilan berikut yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mengutip Eatthis:

Edamame 

Kedelai hijau ini cocok dijadikan camilan bagi penderita kolesterol. Anda bisa menikmatinya, baik dengan cara direbus ataupun dipanggang sebentar di dalam oven.

Baca Juga: Mengenal perbedaan gejala gula darah rendah dan tinggi, penting buat Anda

"Edamame adalah makanan ringan kedelai yang belum diproses yang bisa membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida karena mengandung serat larut dan Beta-Conglycinin," kata ahli diet kardiologi Michelle Routhenstein. 

Beta-Conglycinin bekerja untuk menurunkan kadar trigliserida dengan meningkatkan sensitivitas liver terhadap insulin. 

Kacang pistachio dan apel 

Kombinasi kacang pistachio dan beberapa iris apel akan menjadi camilan yang enak dan menyehatkan. 

Apel mengandung serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol sedangkan kandungan pitosterol pistachio telah terbukti meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). 

Baca Juga: Selain obat, makanan ringan ini bisa membantu menurunkan kolesterol

Oat bar

Kini, ada banyak oat bar yang dijual di pasaran, baik produk massal maupun rumahan. Hal ini membuat Anda lebih mudah mendapatkan pilihan camilan yang baik untuk kolesterol tinggi. 

Untuk hasil yang lebih optimal, carilah oat bar dengan kadar gula rendah sebagai sumber asupan serat. 

Roti gandum biji-bijian 

Roti gandum yang ditaburi biji-bijian atau kacang-kacangan adalah makanan yang juga baik untuk penderita kolesterol tinggi. Camilan ini juga mengenyangkan dan dapat membantu Anda menjaga berat badan. 

"Oleskan sedikit mentega almond pada sepotong roti gandum yang dipanggang dan Anda memiliki makanan ringan yang penuh dengan lemak dan serat sehat untuk membantu mengurangi kolesterol," kata Lisa Richards, ahli nutrisi yang berbasis di London, Inggris. 

Baca Juga: Menurunkan kolesterol, simak 4 manfaat bawang putih ini

Popcorn 

Siapa sangka jika popcorn, yang begitu lezat dan gurih, adalah camilan yang baik untuk menurunkan kolesterol? 

Hal ini benar adanya karena popcorn merupakan jenis gandum utuh yang mengandung empat gram serat makanan penurun kolesterol per porsi. 

"Untuk membuat popcorn lebih sehat dan sangat rendah kalori, saya sarankan menambahkan sedikit minyak zaitun dan keju parmesan daripada mentega," kata Clara Lawson, ahli gizi diet terdaftar di Oregon, Ameria Serikat. 

Keripik kentang buatan sendiri 

Keripik kentang adalah salah satu camilan favorit yang cocok dinikmati kapan saja. Sayangnya, jenis camilan ini cenderung memiliki kadar garam tinggi sehingga tidak sehat untuk penderita kolesterol tinggi. 

Agar tetap bisa menikmatinya dengan cara lebih sehat, luangkan waktu untuk membuat keripik kentang sendiri. Caranya juga cukup mudah hanya perlu mengiris kentang tipis-tipis, taburi minyak zaitun dan panggang di dalam oven. 

"Kentang secara alami tinggi serat dan rendah kalori dan kaya potasium yang menjaga tekanan darah pada tingkat yang terkontrol," kata Lawson.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jauhi Gorengan, Ini Camilan Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol"

Penulis: Sekar Langit Nariswari
Editor: Lusia Kus Anna

Selanjutnya: Kaya serat dan polifenol, cincau hijau dan hitam bikin kolesterol tinggi kandas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru