Makanan kaya vitamin C ini bisa mengurangi asam urat

Rabu, 06 Oktober 2021 | 13:13 WIB Sumber: Healthline
Makanan kaya vitamin C ini bisa mengurangi asam urat

ILUSTRASI. Makanan kaya vitamin C seperti jeruk bali bisa mengurangi asam urat


KONTAN.CO.ID - Vitamin C menawarkan manfaat bagi orang yang menderita asam urat. Sebab, bisa membantu mengurangi asam urat dalam darah. Berikut ini makanan yang bisa mengurangi asam urat.

Mengutip Healthline, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), asam urat disebabkan oleh terlalu banyak asam urat dalam tubuh. 

Untuk itu, apapun yang bisa mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh Anda harus berdampak positif pada asam urat.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, sejumlah penelitian menunjukkan, vitamin C bisa membantu mengurangi asam urat dalam darah, yang dapat melindungi terhadap serangan asam urat.

Baca Juga: Mengenal perbedaan gejala gula darah rendah dan tinggi, penting buat Anda

Sebuah studi dari hampir 47.000 pria selama periode 20 tahun menemukan, mereka yang mengonsumsi suplemen vitamin C memiliki risiko asam urat 44% lebih rendah.

Lalu, sebuah studi 2008 dari hampir 1.400 pria menunjukkan, kadar asam urat darah yang secara signifikan lebih rendah ditemukan pada pria yang mengonsumsi vitamin C paling banyak dibanding mereka yang mengonsumsi paling sedikit.

Dan, sebuah meta-analisis 2011 dari 13 penelitian berbeda menemukan, 30 hari mengonsumsi suplemen vitamin C sangat mengurangi asam urat darah dibandingkan dengan plasebo kontrol tanpa efek terapeutik.

Sedang Mayo Clinic menyebutkan, meskipun suplemen vitamin C bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah Anda, tidak ada penelitian yang menunjukkan tingkat keparahan atau frekuensi serangan asam urat dipengaruhi oleh vitamin C.

Baca Juga: Minum 8 gelas air putih bisa mengobati asam urat, benarkah?

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru