kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buah-Buahan Segar dan Terbaik untuk Penderita Kolesterol Tinggi


Sabtu, 09 Desember 2023 / 05:00 WIB
Buah-Buahan Segar dan Terbaik untuk Penderita Kolesterol Tinggi
ILUSTRASI. Penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk menurunkan kolesterol secara alami.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

BUAH UNTUK PENDERITA KOLESTEROL - Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi manusia. Nah, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. 

Selain ada pantangan yang harus dihindari, ada juga anjuran makanan penurun kolesterol tinggi yang baik untuk dikonsumsi bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. 

Akan tetapi, jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah, hal tersebut dapat merusak kesehatan terutama yang terkait dengan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak. 

Oleh karenanya, selain menggunakan obat penurun kolesterol, kita juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan memperhatikan apa saja makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi.

Bahkan, ada juga berbagai pilihan makanan sehat yang diketahui mampu mengurangi dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Melansir laman Kemkes.go.id, penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk menurunkan kolesterol secara alami. 

Meski prosesnya berlangsung membutuhkan waktu lebih lama dan lebih lambat dibanding obat penurun kolesterol, tapi mengonsumsi buah akan lebih aman dan tentunya tanpa efek samping.

Berikut adalah lima buah rekomendasi Kemenkes untuk menurunkan kolesterol dalam darah:

Baca Juga: Buah untuk Pemilik Kolesterol Tinggi Berbuka Puasa, Simak Cara Cek Kolesterol Sendiri

1. Alpukat

Selama ini banyak beredar anggapan, alpukat mengandung banyak lemak dan tidak baik untuk kesehatan. Kandungan lemak dalam alpukat memang cukup tinggi, yakni sekitar 16 persen. Tapi, kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak yang menyehatkan, sebab 63% penyusunnya merupakan asam lemak tak jenuh, terutama jenis asam lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat.

Selain sebagai berkhasiat untuk menjaga pembuluh darah, alpukat sangat dianjurkan karena mengandung banyak serat dan omega-9. Omega-9 dan serat inilah yang akan menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

Baca Juga: Ciri-Ciri Darah Tinggi Di Usia Muda, Kenali Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Alami




TERBARU

[X]
×