kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,75   0,61   0.06%
  • EMAS1.122.000 -2,01%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buah untuk Pemilik Kolesterol Tinggi Berbuka Puasa, Simak Cara Cek Kolesterol Sendiri


Kamis, 30 Maret 2023 / 06:53 WIB
Buah untuk Pemilik Kolesterol Tinggi Berbuka Puasa, Simak Cara Cek Kolesterol Sendiri
ILUSTRASI. Buah untuk Pemilik Kolesterol Tinggi Berbuka Puasa, Simak Cara Cek Kolesterol Sendiri


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali buah yang bagus untuk makanan berbuka puasa bagi penderita kolesterol tinggi. Simak juga cara cek kolesterol sendiri di rumah.

Dilansir dari Kompas.com, buah baik untuk makanan selingan penderita kolesterol tinggi saat buka puasa. Mengutip Healthshots, makan buah adalah salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol karena kaya vitamin, mineral, antioksidan, dan kaya serat larut. Makanan kaya serat larut membantu Anda menurunkan kadar kolesterol tinggi dan akan menjaga kesehatan jantung.

Serat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga membantu menurunkan berat badan.

Berat badan berlebih adalah salah satu faktor risiko yang meningkatkan kadar kolesterol tinggi. Lalu, buah apa saja yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa bagi penderita kolesterol tinggi?

Baca Juga: Bagi Penderita Kolesterol Tinggi, 8 Air Rebusan Ini Bisa Bikin Kolesterol Rontok

Ragam buah pilihan untuk penderita kolesterol tinggi

Disari dari Healthshots dan Eat This, berikut ragam buah pilihan untuk penderita kolesterol tinggi berbuka puasa:

  • Buah beri

Buah untuk kolesterol tinggi yang pertama adalah buah beri. Buah beri menawarkan banyak manfaat kesehatan karena memiliki fitonutrien yang paling serbaguna.

Buah ini juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, bahan kimia bioaktif yang diketahui dapat mencegah penyakit jantung dan gangguan kronis lainnya. Oleh karena sifat anti, beri adalah buah pilihan untuk penderita kolesterol tinggi buka puasa. Buah beri ini meliputi stroberi, bluberi, rasberi, blackberry, dan semacamnya.

  • Alpukat

Buah untuk kolesterol tinggi yang kedua adalah alpukat. Alpukat adalah buah pilihan untuk penderita kolesterol tinggi buka puasa karena banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Keduanya bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, alpukat secara signifikan dapat mengatur kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL).

  • Pisang

Buah untuk kolesterol tinggi yang ketiga adalah pisang. Pisang merupakan superfood yang luar biasa karena penuh serat, vitamin, mineral yang diperlukan, serta mengandung gula alami, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Kalium dan serat dalam pisang baik untuk membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah.

  • Jeruk

Buah untuk kolesterol tinggi yang keempat adalah jeruk. Jeruk menjadi buah pilihan untuk penderita kolesterol tinggi buka puasa karena mengandung pektin.

Selain itu, buah jeruk kaya vitamin C, serat, dan memiliki kualitas antioksidan yang kuat. Kesemua kandungan jeruk itu berperan untuk menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida yang berbahaya serta meningkatkan kolesterol HDL yang sehat. Namun, Anda perlu menghindari jus jeruk dengan gula.

  • Apel

Buah untuk kolesterol tinggi yang kelima adalah apel. Apel memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, salah satunya mencegah kolesterol tinggi.

Manfaat apel ini karena adanya kandungan pektin, serat larut yang dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan, di mana ia membawa kolesterol ke hati untuk dibuang.

  • Semangka

Buah untuk kolesterol tinggi yang keenam adalah semangka. Menurut ahli, semangka juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Itu karena buah ini secara alami mengandung likopen, karotenoid yang telah terbukti melawan radikal bebas, sehingga dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol.

Cara cek kolesterol sendiri di rumah

Dilansir dari Momsmoney.id, cara cek kolesterol bisa dilakukan sendiri di rumah. Biasanya, selain untuk cek kolesterol, cara ini juga bisa cek gula darah.

Cara cek kolesterol dan gula darah diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan menyeluruh dan mendeteksi kemungkinan adanya penyakit. 

Itu sebabnya, pemeriksaan darah menjadi bagian dari medical check up yang dilakukan sesuai anjuran dokter. Cek kolesterol dan gula darah menjadi bagian yang rutin dilakukan. 

Tujuannya, untuk memantau kadar gula darah dan kolesterol untuk mencegah diabetes dan kolesterol tinggi. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan di fasilitas kesehatan, tapi tes gula darah dan kolesterol juga bisa dilakukan di rumah. 

Cara cek kolesterol dan gula darah sendiri membutuhkan alat pengecek gula darah yang bisa dibeli di apotek terdekat.  Alat tersebut terdiri dari jarum kecil (lanset), perangkat lancing (untuk menahan jarum), alkohol swab, strip uji, meteran glukosa, kotak portabel, dan kabel untuk mengunduh data. 

Setelah alat tersedia, berikut cara cek kolesterol dan gula darah sendiri di rumah, antara lain: 

1. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum menggunakan alat. 

2. Buka alat, masukkan lanset ke dalam perangkat lancing, tutup kembali alat, dan coba apakah lanset terpasang dengan benar. 

3. Setelah lanset terpasang, masukkan strip tes ke meteran glukosa. 

4. Usap ujung jari dengan alkohol swab yang tersedia. 

5. Tusuk ujung jari dengan lanset agar darah keluar dan bisa diambil. 

6. Letakkan setetes darah pada strip tes dan tunggu hasilnya keluar pada meteran glukosa. 

Baca Juga: Kerap Diabaikan, Inilah 5 Tanda Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda ingin cek kolesterol dan gula darah orang lain, gunakan sarung tangan lateks agar steril dan lakukan langkah yang sama. 

Agar hasil lebih akurat, lakukan pengujian pada jari. Anda bisa melakukan pengecekan gula darah saat puasa, sewaktu, maupun 2 jam setelah makan. 

Tujuannya, melihat pengaruh diet yang dijalani dengan kadar gula darah dalam tubuh. Demikian dengan cek kolesterol yang bisa dilakukan bersamaan dengan cek gula darah tadi. 

Agar lebih mudah, pasien bisa puasa di malam hari kemudian melakukan cek pada pagi hari. 

Jangan lupa konsultasikan hasil cek gula darah dan kolesterol dengan dokter yang bertugas agar bisa diberikan langkah selanjutnya.  

Termasuk cara menjaga kadar gula darah dan kolesterol agar tetap dalam batas normal, maupun pengobatan bila terdapat hasil yang tidak normal. 

Itulah buah untuk berbuka puasa bagi penderita kolesterol dan cara cek kolesterol sendiri. Hubungi dokter untuk tahu lebih detil cara cek kolesterol sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negotiation For Everyone Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×