kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya Kolesterol Tinggi? 11 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol, Cek Apa Saja


Kamis, 16 Maret 2023 / 06:42 WIB
Punya Kolesterol Tinggi? 11 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol, Cek Apa Saja
ILUSTRASI. Punya Kolesterol Tinggi? 11 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol, Cek Apa Saja.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Kolesterol, dalam tingkatan yang normal, baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Namun jika berlebih justru akan menimbulkan penyakit yang bisa mengganggu kebugaran tubuh. 

Agar tetap normal, penderita kolesterol tinggi wajib mengontrol asupan makanan mereka. Ada berbagai jenis makanan pantangan yang perlu dihindari agar kadar kolesterol tidak melonjak. 

Selain menghindari makanan pantangan, kadar kolesterol tinggi bisa diturunkan menggunakan obat-obatan atau dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. 

Merangkum situs Rumah Sakit Siloam, berikut ini daftar makanan yang bisa menurunkan koelsterol tinggi.

Baca Juga: Bisa Mencegah Kanker, Ini Manfaat Buah Pir

Sayuran hijau

Sayuran penurun kolesterol yang dapat dikonsumsi penderita kolesterol tinggi adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung. 

Sayuran hijau memiliki antioksidan yang mampu mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol, sehingga akumulasi kolesterol dalam darah dapat dikurangi. 

Tidak hanya membantu menurunkan kolesterol, sayuran hijau juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi secara rutin.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang lezat dan cukup mudah didapatkan. Pisang baik dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi karena memiliki kandungan zat inulin yang bisa membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol sehingga tetap stabil.

Buah pisang juga dapat dikonsumsi dengan cara dijus. Jus buah ini merupakan salah satu jus penurun kolesterol paling cepat.

Kedelai

Kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang dapat diolah menjadi berbagai bahan makanan, seperti tempe, tahu, tepung kedelai, hingga susu. 

Kedelai dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol karena mengandung isoflavon yang berperan dalam menekan kadar kolesterol jahat.

Beras Merah

Beras merah termasuk ke dalam makanan penurun kolesterol karena mengandung vitamin B, magnesium, selenium, dan fitonutrien yang mampu menurunkan kadar lemak dalam darah. 

Selain itu, tingginya kandungan serat pada beras merah juga dapat mengontrol gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

Baca Juga: Meningkatkan Kolesterol Baik, 3 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Laki-Laki

Ikan salmon

Ikan salmon memiliki daging yang lembut dan lezat dikonsumsi. Selain itu ikan ini dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida. Usahakan untuk tidak menggunakan minyak saat memasak ikan salmon agar Anda bisa memperoleh manfaatnya secara optimal.

Anda pun dapat memilih jenis ikan lainnya apabila tidak menemukan ikan salmon. Pilihlah ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 seperti sarden, tuna, makarel, dan ikan kembung. 

Asam lemak omega-3 ini memiliki fungsi yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Gandum

Gandum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat tepat untuk dikonsumsi apabila Anda berencana menurunkan berat badan dan juga kolesterol.

Serat larut air jenis beta-glukan yang terdapat pada gandum ini dapat menjaga metabolisme agar tubuh tetap sehat.

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, dan kenari termasuk dalam makanan penurun kolesterol tinggi.

Hal ini karena kacang-kacangan mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal. Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan vitamin, antioksidan, serat, dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.

Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate merupakan makanan penurun kolesterol sebab memiliki kandungan zat antioksidan dan antiinflamasi yang berkaitan dengan penurunan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Jika Anda sedang diet, Anda mungkin bisa membatasi asupannya karena coklat memiliki kalori yang cukup tinggi.

Sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai makanan yang boleh Anda konsumsi.

Baca Juga: Yuk Kenali Manfaat Buah Semangka, Bisa Turunkan Risiko Kanker

Buah alpukat

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah alpukat. Buah ini kaya akan serat, lemak tak jenuh tunggal, polifenol, serta nutrisi fitosterol yang dapat mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh cenderung rendah bila dikonsumsi dengan rutin.

Buah beri

Selain pisang dan alpukat, jenis buah yang bisa menurunkan kolesterol adalah buah beri.

Buah beri merupakan jenis buah-buahan yang mengandung indeks glikemik rendah. Artinya, tidak hanya kolesterol, tetapi buah beri juga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang mampu membuat masakan menjadi lebih lezat. 

Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Bahan masakan yang satu ini juga mengandung senyawa alicin yang dapat membantu mengontrol tekanan darah stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×