kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,39   -6,15   -0.68%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menu Makanan & Pantangan Kolesterol Tinggi, Berapa Kadar Kolesterol Normal?


Rabu, 01 Maret 2023 / 04:50 WIB
Menu Makanan & Pantangan Kolesterol Tinggi, Berapa Kadar Kolesterol Normal?


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Menu makanan dan lauk pauk penderita kolesterol tinggi tidak boleh sembarangan. Ada beberapa makanan pantangan penderita kolesterol tinggi yang wajib dipatuhi.

Bagi penderita kolesterol tinggi sangat penting untuk memperhatikan asupan makan sehari-hari. Sembarangan konsumsi makanan bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh semakin besar.

Daftar makanan pantangan penderita kolesterol tinggi

Dilansir dari Kompas.com, Cleveland Clinic memberitakan kunci panduan menu makananan dan lauk pauk untuk penderita kolesterol tinggi adalah harus rendah lemak dan menghindari jenis lemak jahat.

Jenis lemak jahat yang merupakan pantangan penderita kolesterol tinggi adalah:

  • Lemak jenuh: memicu hati untuk memperoduksi lebih banyak kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ini banyak dalam daginig dan produk susu.
  • Lemak trans: meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan Stroke, Cek 7 Gejalanya di Tubuh

Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI, batas konsumsi lemak untuk orang umum adalah 5 sendok makan/orang/hari atau setara 67 gram/orang/hari (20-25 persen dari total energi). Mungkin bisa berbeda, jika Anda sudah dikonfirmasi menderita koloesterol tinggi.

Dilansir dari Medical News Today, berikut makanan pantangan penderita kolesterol tinggi:

  • Susu full fat/full cream

Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi yang pertama adalah susu full fat atau full cream. Susu, mentega, keju, dan yogurt full fat mengandung lemak jenuh tinggi. Alternatifnya, Anda bisa pilih susu dan produk susu tanpa lemak atau rendah lemak.

  • Daging merah

Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi yang kedua adalah daging merah. Daging merah meliputi daging sapi, domba, kambing, dan babi. Bentuk daging merah ini seperti, steak, daging panggang, iga, dan daging giling. Daging merah ini cenderung memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Penderita koletserol tinggi lebih baik pilih 90 persen daging giling tanpa lemak dan daging sapi tanpa lemak (seperti, sirloin dan tenderloin).

  • Daging olahan

Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi yang ketiga adalah daging olahan. Pantang untuk penderita kolesterol tinggi makan banyak daginig olahan, karena umumnya tinggi sodium dan rendah nutrisi. Daging olahan ini contohnya, sosis, bakso, kornet, dan semacamnya.

  • Gorengan

Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi yang keempat adalah makanan yang digoreng. Aneka gorengan umum memiliki lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dari minyak goreng.

Jadi, penderita kolesterol tinggi lebih baik memilih makanan yang direbus atau dikukus. Jika tetap ingin makan makanan digoreng, lebih baik menggunakan air fryer.

  • Makanan olahan yang dipanggang dan permen

Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi yang kelima adalah makanan olahan yang dipanggan dan permen. Makanan ini identik sebagai makanan pencuci mulut atau makanan penutup.

Makanan olahan yang dipanggang cenderung tinggi lemak jenuh dan kolesterol, karena mengandung banyak mentega dan shortening. Contoh makanan ini termasuk kue kering.

Kemudian, makanan olahan dan permen mengandung tinggi gula, yang dapat menyebabkan tingginya kadar trigliserida darah. Trigliserida adalah lemak darah (lipid) yang tidak sehat, yang dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner.

Kadar kolesterol normal laki-laki dan wanita

Mengutip keterangan di website resmi Siloam Hospital, kadar kolesterol normal dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang. Selain itu, kadar kolesterol normal juga bisa diukur berdasarkan jenis.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol2xe jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). HDL berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat lemak).

Baca Juga: Berapa Jumlah Kolesterol Di Telur? Cek Obat & Kadar Kolesterol Normal Wanita-Pria

Sebaliknya, LDL adalah kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya aterosklerosis. Selain LDL dan HDL juga terdapat lemak dalam bentuk lain yang disebut trigliserida.

Nah, berikut kadar kolesterol normal berdasarkan masing-masing jenis di atas:

1. Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik pada tubuh berperan untuk melindungi Anda dari berbagai jenis penyakit jantung. Sehingga, semakin tinggi kadar HDL, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Kadar kolesterol normal untuk HDL yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung minimal 60 mg/dL. Dan apabila kadar HDL kurang dari 40 mg/dL tidak akan baik bagi jantung.

2. Kolesterol Jahat (LDL)

Sesuai dengan nama dan sifatnya, kolesterol jahat sebaiknya ada di tingkat rendah atau setidaknya dapat ditoleransi oleh tubuh Anda, yaitu kurang dari 100 mg/dL.

Apabila tubuh memiliki tingkat LDL lebih dari 100-129 mg/dL, maka dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, stroke, dan jantung.

Baca Juga: 4 Jenis Minuman Ini Bisa Memicu Kadar Kolesterol Melonjak, Hindari

3. Trigliserida

Selain LDL, tubuh juga dapat memproduksi lemak bernama trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sehingga, Anda disarankan menjaga kadar kolesterol normal pada trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dL.

Sementara, batas tinggi kadar trigliserida adalah 150-199 mg/dL, apabila kadarnya melebihi 200 mg/dL maka perlu diwaspadai.

4. Kolesterol Total

Kolesterol total adalah gabungan dari LDL, HDL, dan trigliserida per desiliter darah. Kondisi umum kadar kolesterol seseorang biasanya cukup dilihat dari kolesterol total dan HDL.

Apabila kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, maka masih di batas normal. Namun, jika sudah mencapai 200-239 mg/dL termasuk batas tinggi. Dan dikategorikan kolesterol tinggi bila lebih dari 240 mg/dL.

Kadar kolesterol normal seseorang tentunya berbeda-beda, tergantung dari apa yang dikonsumsi sehari-hari, atau bisa juga karena faktor keturunan. Sebelum melakukan tes kolesterol, Anda diharuskan berpuasa terlebih dahulu selama 9-12 jam.

Kadar kolesterol normal laki-laki dan wanita

Berikut kadar kolesterol normal pada laki-laki dan wanita berdasarkan usia

1. Kadar Kolesterol Normal Wanita Dibawah 19 Tahun

Kadar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

2. Kadar Kolesterol Normal Wanita Usia 20 Tahun dan Diatasnya

Kadar kolesterol normal wanita usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

3. Kadar Kolesterol Normal Laki-laki Usia Dibawah 19 Tahun

Kadar kolesterol normal laki-laki dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

 4. Kadar Kolesterol Normal Laki-laki usia 20 Tahun dan Diatasnya

Kadar kolesterol normal laki-laki usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

Itulah menu makanan dan pantangan penderita kolesterol tinggi serta kadar kolesterol normal pada laki-laki dan wanita. Ubah pola makan Anda agar kolesterol turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×