kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bikin Panjang Umur, Ini 6 Makanan Tinggi Flavonoid yang Baik Dimakan secara Rutin


Senin, 03 April 2023 / 10:59 WIB
Bikin Panjang Umur, Ini 6 Makanan Tinggi Flavonoid yang Baik Dimakan secara Rutin
ILUSTRASI. Kedelai salah satu makanan yang mengandung flavonoid tinggi.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Flavonoid senyawa kimia yang terbukti efektif mencegah berbagai penyakit kronis. Ini enam makanan yang kaya flavonoid. 

Anda pasti sering mendengar flavonoid dalam dunia kesehatan. 

Baca Juga: Tinggi Kalsium, 5 Makanan yang Bermanfaat Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Flavonoid merupakan fitonutrien yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengutip dari WebMD, flavonoid  telah terbukti bisa mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit diabetes, kardiovaskular, dan kanker. 

Hasil banyak penelitian menunjukkan bahwa flavonoid bisa melindungi tubuh dari kanker payudara, prostat, dan kolorektal. 

Manfaat lainnya, penelitian membuktikan bahwa flavonoid bisa mengurangi respon seluler terhadap rasa sakit. 

Peneliti percaya flavonoid bisa digunakan secara medis untuk mengatasi rasa sakit kronis dan mengobati peradangan. 

Hebatnya lagi, flavonoid juga terbukti memiliki efek antibakteri dan antivirus. Sejumlah penelitian laboratorium menunjukkan bahwa flavonoid tertentu mencegah replikasi sel virus flu H1N1, HIV, SARS, dan RSV. 

Makanan kaya flavonoid 

Tubuh tidak bisa memproduksi flavonoid secara alami. Sehingga, Anda harus mencukupi kebutuhan flavonoid dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur. 

Sekedar info, flavonoid terbagi dalam enam jenis yakni: 

  • Flavonol 
  • Flavon 
  • Flavan-3-ols
  • Flavanon 
  • Antosianidin 
  • Isoflavon 

Berikut enam makanan kaya flavonoid yang baik dikonsumsi sehari-hari. 

1. Bawang bombai 

Bawang bombai merupakan sumber flavonol yang bagus dan bisa mencegah kanker prostat. 

2. Kale 

Sayuran berdaun hijau ini mengandung flavonoid tinggi. 

Anda bisa mengonsumsi kale dengan diolah menjadi sup atau salad sayur segar. 

3. Teh 

Sudah bukan rahasia jika teh kaya akan flavonoid. Teh hijau, oolong, dan hitam semuanya mengandung flavonoid tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan kognitif. 

4. Cokelat hitam 

Cokelat dan kakao samap-sama mengandung flavanol yang tinggi. 

Kandungan tersebut membuat kakao terbukti bisa meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi sistem kardiovaskular. 

5. Jeruk 

Aneka jeruk seperti jeruk keprok, jeruk bali, limau, dan lemon semuanya mengandung falvonoid. 

6. Kedelai 

Kedelai merupakan sumber isoflavon terbaik. Asal tahu saja, isoflavon memberikan efek perlindungan terhadap kanker payudara, ovarium, prostat, dan testis. 

Baca Juga: Tinggi Potasium, Ini 4 Sayuran yang Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×