Kesehatan Umum

Berikut tanda tubuh kekurangan vitamin B12 yang harus Anda cegah

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 09:00 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Berikut tanda tubuh kekurangan vitamin B12 yang harus Anda cegah

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang sangat penting untuk tubuh. Fungsinya mencakup produksi sel darah merah, DNA, dan agar sistem saraf bisa berfungsi normal.

Anda bisa menemukan Vitamin B12 dengan mudah di daging, ikan, telur, makanan olahan dari susu, dan lain sebagainya. Namun, kasus tubuh yang kekurangan vitamin B12 masih sering kita jumpai.

Penyebabnya, bisa karena kurang mengonsumsi makanan-makanan yang menjadi sumber vitamin B12 atau tubuh yang tidak bisa menyerap jenis vitamin tersebut. Ada beberapa jenis orang yang berisiko mengalami kekurangan vitamin B12.

Mengutip Healthline, orang-orang yang berisiko defisiensi vitamin B12 adalah orangtua serta seseorang yang baru saja menjalani operasi usus untuk menyerap viatmin B12 dan pengobatan diabetes menggunakan metformin, vegan, dan lain-lain.

Baca Juga: Ampuh! Inilah obat herbal pilek anak yang wajib Anda coba

Banyak orang yang masih sering salah mengira antara penyakit kekurangan vitamin B12 dan kekurangan folate. Soalnya, kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan penurunan folate dalam tubuh.

Gejala tubuh yang kekurangan vitamin B12

Kulit yang pucat atau bahkan penyakit kuning menjadi tanda tubuh kekurangan vitamin B12. Sebab, vitamin B12 berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah.

Jika kekurangan sel darah merah, tubuh bisa mengalami salah satu jenis anemia yang disebut anemia megaloblastik. Sel darah merah yang diproduksi di sumsum tulang belakang berbentuk besar dan mudah pecah.

Sel darah merah yang mudah pecah mengakibatkan jumlah bilirubin meningkat. Sehingga, penyakit kuning bisa diderita oleh seseorang yang kekurangan vitamin B12.

Baca Juga: Tertarik dengan minuman kolagen? Cek dulu fakta ini

Bisa mengakibatkan kerusakan sistem saraf

Editor: Belladina Biananda


Terbaru