Tertarik dengan minuman kolagen? Cek dulu fakta ini

Selasa, 28 Juli 2020 | 11:45 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Tertarik dengan minuman kolagen? Cek dulu fakta ini

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekarang ini, ada banyak produk minuman kolagen yang bisa Anda coba. Banyak iklan yang mengatakan bahwa mengonsumsi minuman kolagen mampu membuat kulit awet muda. Benarkah demikian?

Kolagen merupakan protein khusus yang mengandung asam amino. Asam amino dalam tubuh berfungsi untuk menjaga lapisan jaringan dan tulang sehingga kulit bisa tetap elastis dan kuat. Ada banyak jenis kolagen yang ada dalam tubuh.

Mengutip dari Elle (elle.com), peneliti menyebutkan bahwa sejumlah kolagen berfungsi untuk mempertahankan bentuk dan elastisitas kulit. Setelah melewati usia 25 tahun, jumlah kolagen dalam tubuh akan berkurang sekitar 1,5%.

Banyak hal yang menyebabkan penurunan jumlah kolagen. Mulai dari penuaan, kebiasaan merokok, jumlah gula berlebih, konsumsi alkohol, dan lain sebagainya. Akibatnya, muncul kerutan halus dan kulit menjadi kendur.

Baca Juga: Catat! Inilah cara menghilangkan mata panda secara alami

Minuman kolagen bisa Anda gunakan untuk memperlambat proses penuaan yang terlihat di kulit. Kolagen dalam minuman kolagen dihidrolisis hingga membentuk peptisida kolagen.

Peptisida kolagen dicerna dalam molekul yang lebih kecil kemudian diserap dalam usus. Elle menyebutkan, peptisida kolagen yang sudah terserap akan tersimpan dalam jaringan kulit selama 2 minggu.

Masih dari laman yang sama, Elle mengatakan bahwa minuman kolagen terbukti mampu menghidrasi kulit dan mengurangi kerutan serta jaringan kolagen menjadi lebih kuat.

Namun, masih diragukan apakah minuman kolagen bisa memberikan fungsi yang sama untuk orang lain. Dosis dan jangka waktu konsumsi minuman kolagen yang tepat juga belum bisa ditentukan.

Penelitian menunjukkan bahwa efek minuman kolagen untuk kesehatan kulit masih terlalu sedikit. Alih-alih mengeluarkan banyak uang untuk membeli minuman kolagen, Elle merekomendasikan hal lain untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Retinoid

Pengganti minuman kolagen pertama yang disebutkan Elle adalah retinoid.Retinoid dalam skincare mampu meremajakan sel lebih cepat. Retinoid berasal dari vitamin A. Anda bisa mengaplikasikan retinoid pada kulit secara langsung. Retinoid mampu mengurangi kerutan dan menyamarkan noda hitam. Retinoid akan memperbarui sel kulit dan menstimulus produksi kolagen.

Baca Juga: Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini perlu Anda coba

Vitamin C

Tak hanya retinoid, vitamin C juga bisa dijadikan pengganti minuman kolagen. Vitamin C mengandung antioksidan, pencerah kulit, dan antiinflamasi yang berguna untuk pembentukan kolagen dalam tubuh.

Ada banyak produk skincare yang menggunakan vitamin C sebagai bahan dasar. Namun, pastikan bahwa kandungan vitamin C tidak lebih dari 20% karena jika lebih dari batasan itu, dikhawatirkan kulit menjadi iritasi.

Makanan Bergizi

Produksi kolagen bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi, apalagi vitamin C bisa didapatkan dengan mudah di buah dan sayur. Tak hanya itu, Elle juga memberikan saran agar Anda mengonsumsi sumber protein lain, seperti ayam, daging sapi, dan lain sebagainya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru