Kesehatan Anak

Ampuh! Inilah obat herbal pilek anak yang wajib Anda coba

Selasa, 28 Juli 2020 | 12:54 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ampuh! Inilah obat herbal pilek anak yang wajib Anda coba

ILUSTRASI. Ada banyak obat herbal pilek anak, mulai dari vitamin C, air kelapa, hingga cuka apel.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit ringan pada anak, seperti pilek dan batuk, tak boleh Anda sepelakan agar tidak semakin parah. Tak hanya obat dari dokter, obat herbal pilek anak juga bisa Anda gunakan untuk meredakan sakit.

Mengutip Red Tricycle, ada 5 rekomendasi obat herbal pilek anak yang sangat mudah untuk Anda coba buat si buah hati. Tak perlu waktu lama hingga anak-anak kembali ceria dengan tubuh yang sehat. Berikut lima obat herbal pilek anak:

Vitamin C dan air putih

Obat herbal pilek anak pertama yang bisa Anda coba adalah vitamin C. Vitamin C akan membantu tubuh mengembalikan sistem imun anak.

Tak hanya itu, menjaga tubuh anak agar tetap terhidrasi adalah hal yang wajib untuk Anda lakukan. Minumkan air putih yang lebih banyak kepada anak agar tubuhnya tidak dehidrasi.

Baca Juga: Inilah bahan alami yang paling ampuh sebagai obat jerawat

Jika anak justru merasa mual karena terlalu banyak mengonsumsi air putih, Anda bisa menggantinya dengan air kelapa. Tak hanya menghidrasi tubuh anak dengan baik, air kelapa juga bisa mengganti mineral dan elektrolit tubuh yang hilang. 

Madu

Selain vitamin C dan air putih, madu adalah bahan lainnya yang bisa Anda pakai untuk obat herbal pilek anak. Biasanya pilek juga disertai dengan batuk sehingga membuat waktu istirahat anak menjadi tidak nyaman.

Red Tricycle menyebutkan, madu bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk anak di malam hari. Madu memliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang berguna untuk melawan penyakit.

Namun, untuk menghidari efek samping, jangan berikan madu sebagai obat herbal pilek anak di bawah usia 1 tahun, ya.

Teh jahe dan lemon

Jika anak mengalami mual dan muntah, obat herbal pilek anak yang bisa Anda berikan adalah teh jahe dan lemon. Selain membuat perut anak menjadi lebih nyaman, teh jahe dan lemon juga bisa Anda pakai untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Ampuh! Inilah cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit

Rebuslah jahe selama sekitar 15 menit. Setelah itu, tambahkan air perasan lemon. Jika anak ingin rasa yang lebih manis, Anda bisa menambahkan satu sampai dua tetes madu.

Cuka apel

Obat herbal pilek anak selanjutnya adalah cuka apel. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat herbal pilek anak cukup mudah, yaitu dengan mengompresnya.

Anda bisa mencampurkan beberapa tetes cuka apel dalam air hangat. Kemudian, gunakan handuk untuk mengompres tubuh anak menggunakan campuran itu.

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru