kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asam Lambung Kumat Sebabkan Rasa Terbakar di Ulu Hati, Ini 4 Obat Alaminya


Senin, 27 Maret 2023 / 03:15 WIB
Asam Lambung Kumat Sebabkan Rasa Terbakar di Ulu Hati, Ini 4 Obat Alaminya


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Asam lambung naik sering terjadi pada orang dewasa. Berikut cara mengatasi asam lambung naik dengan obat alami yang biasa tersedia di rumah.

Asam lambung yang naik adalah salah satu kondisi masalah kesehatan yang banyak dialami masyarakat. Sebenarnya, asam lambung adalah asam yang diproduksi oleh lambung untuk membantu mencerna makanan.

Namun, asam ini bisa naik menuju kerongkongan apabila cincin otot di bagian perut atau Lower Esophageal Sphincter (LES) terbuka atau tidak menutup sepenuhnya. Normalnya, LES akan menutup sesaat setelah makanan masuk dan melaluinya.

Asam lambung yang naik ke kerongkongan ini bisa menyebabkan sejumlah hal, seperti heartburn atau rasa terbakar di ulu hati. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan mulut terasa asam atau pahit, kembung, kotoran mengandung darah, disfagia atau sensasi makanan tersangkut di tenggorokan, bahkan gangguan pernapasan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi asam lambung?

Baca Juga: Cek, Ini 9 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Cara mengatasi asam lambung naik

Dikutip dari Hopkins Medicines, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung yang naik dengan obat alami. Salah satu cara mengatasi asam lambung naik dengan obat alami adalah mengonsumsi sejumlah bahan makanan atau minuman berikut:

1. Jahe

Cara kedua mengatasi asam lambung naik dengan obat alami adalah minum sari jahe. Jahe adalah salah satu alat bantu pencernaan terbaik karena sifat obatnya. Jahe bersifat basa dan anti-infeksi.

Jadi cobalah untuk menyeduh dan meminum teh jahe atau minuman jahe saat dada serasa terbakar akibat asam lambung yang naik. Ini bersifat basa dan anti-inflamasi, yang memudahkan iritasi pada saluran pencernaan. Cobalah menyeruput teh jahe saat Anda merasa mulas datang.

2. Cuka apel

Cara ketiga mengatasi asam lambung naik dengan obat alami adalah minum cuka apel. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan cuka apel dapat mengatasi asam lambung yang naik, tetapi banyak yang telah mencoba dan membuktikan keampuhannya. Hanya saja perlu diingat, jangan konsumsi cuka apel murni, karena itu dapat membuat kerongkongan Anda iritasi.

Untuk mengatasi asam lambung dengan obat alami berupa cuka apel, teteskan sedikit cuka apel ke dalam air hangat.

Baca Juga: 11 Jus Buah dan Sayur Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Mudah Didapat




TERBARU

[X]
×