kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak Perlu Beli Obat, Cukup Redakan Asam Lambung dengan Menggunakan Jahe


Senin, 13 Maret 2023 / 03:42 WIB
Tak Perlu Beli Obat, Cukup Redakan Asam Lambung dengan Menggunakan Jahe


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada saat asam dari lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala sakit maag, terjadilah asam refluks atau asam lambung naik. 

Pada sebagian orang, asam lambung naik dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, tapi pada beberapa orang lainnya, konsumsi obat dibutuhkan untuk mengatasi asam lambung naik. 

Menurut American College of Gastroenterology (ACG), penderita asam lambung menggambarkan perasaan tidak nyaman yang terbakar di dada, di belakang tulang dada. 
Ketidaknyamanan ini bisa naik ke leher dan tenggorokan. Beberapa orang mungkin juga mengalami rasa pahit atau asam di mulut mereka. 

Gejala asam refluks bisa berlangsung selama beberapa jam. Bagi sebagian orang, gejala memburuk setelah makan, sedangkan yang lain mungkin mengalami gejala sebelum makan. 

Asam refluks atau asam lambung naik yang muncul sesekali adalah hal yang normal, tetapi jika gejala ini terjadi lebih dari dua kali per minggu, maka kemungkinan ini disebabkan oleh kondisi yang lebih parah, yang dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal (GERD). 

Baca Juga: Ini Aturan Konsumsi Madu untuk Meredakan Asam Lambung

Asam refluks terjadi ketika lapisan esofagus bertemu dengan asam lambung. Jika tak diatasi, kerongkongan bisa terluka dan menyebabkan gejala mulas. 

Dalam kondisi normal, sfingter esofagus bagian bawah antara lambung dan esofagus mencegah asam lambung naik ke esofagus. Jika sfingter terlalu sering rileks, asam lambung bisa naik ke kerongkongan yang menyebabkan asam refluks. 

Cara mengatasi asam lambung naik 

Ketika serangan asam lambung datang, Anda bisa memanfaatkan jahe untuk meredakan gejala. Jahe dilaporkan dapat membantu meredakan berbagai kondisi pencernaan, seperti mual, diare, dan kehilangan nafsu makan. 

Tinjauan sistematis dalam Nutrition Journal juga menunjukkan, bahwa jahe dapat membantu meredakan mual dan muntah yang terkait dengan kehamilan. 

Baca Juga: Tidak Ingin Asam Lambung Naik? Jangan Coba-Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui manfaat jahe, jenis jahe apa yang paling bermanfaat, dan dosis yang terbaik untuk meredakan asam refluks. 

Sedangkan untuk obat-obatan medis, Anda bisa mengonsumsi antasida yang bisa dibeli bebas di apotek. Antasida menetralkan asam lambung, sehingga meredakan asam lambung naik. Obat antasida ini mengandung garam kasium, magnesium, dan aluminium. 

Biasanya, antasida dikonsumsi setelah makan.




TERBARU

[X]
×