kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh? Simak 7 Hal Ini


Kamis, 29 Februari 2024 / 15:39 WIB
Apa Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh? Simak 7 Hal Ini
ILUSTRASI. Brokoli


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Brokoli - Ada beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh yang bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, manfaat brokoli juga telah teruji oleh berbagai uji klinis.

Brokoli juga termasuk sayuran yang bisa dioalah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Melansir dari     National Institutes of Health, brokoli merupakan sumber yang kaya antioksidan, termasuk vitamin C, K, dan A. Brokoli juga mengandung beberapa mineral penting, termasuk potasium, kalsium, dan zat besi. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Baca Juga: 8 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui, Yuk Catat!

Berikut adalah beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan:

Sumber Nutrisi

Brokoli mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, folat, kalsium, dan zat besi. Ini menjadikannya makanan yang baik untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Baca Juga: Apa Manfaat Kulit Manggis? Catat 6 Hal Ini

Antioksidan

Brokoli mengandung senyawa antioksidan seperti sulforaphane, glucoraphanin, dan kaempferol. Antioksidan ini membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Melindungi Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan, serat, dan senyawa lain dalam brokoli telah terbukti dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan tekanan darah.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Bisa Dilakukan dari Sekarang

Mendukung Kesehatan Pencernaan

Serat yang tinggi dalam brokoli membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mendorong gerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane yang diyakini dapat melindungi saluran pencernaan dari peradangan dan risiko kanker usus.

Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K dalam brokoli berperan penting dalam kesehatan tulang dengan membantu penyerapan kalsium dan menjaga kepadatan tulang. Ini dapat membantu mencegah risiko osteoporosis dan kerapuhan tulang.

Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli mengandung vitamin A dan lutein, yang penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan menjaga kesehatan retina.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak

Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi brokoli secara teratur dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Ini disebabkan oleh kandungan senyawa antioksidan dan anti-kanker dalam brokoli seperti sulforaphane dan glucoraphanin.

Mengonsumsi brokoli secara teratur sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×