Kesehatan Umum

Anda penderita diabetes? Ini 11 makanan yang harus dihindari

Sabtu, 21 November 2020 | 08:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Anda penderita diabetes? Ini 11 makanan yang harus dihindari


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Diabetes adalah penyakit kronis dengan jumlah penderitanya telah mencapai proporsi epidemi di antara orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia. 

Diabetes yang tidak terkontrol memiliki banyak konsekuensi serius, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya.

Makan makanan tertentu pun dapat meningkatkan gula darah dan kadar insulin serta meningkatkan peradangan, yang dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. 

Selain itu, penderita diabetes juga dianjurkan untuk membatasi atau bahkan mengurangi asupan karbohidrat mereka lantaran karbohidrat berkontribusi terhadap tingginya gula darah. 

Untuk itu, ada 11 jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes atau seseorang yang ingin mencegahnya. 

Baca Juga: 6 Manfaat susu kedelai yang baik untuk kesehatan tubuh

11 Makanan penyebab diabetes

Makanan penyebab diabetes

Dirangkum dari Healthline, berikut 11 makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita diabetes atau pradiabetes: 

1. Minuman berpemanis

Minuman manis adalah pilihan minuman terburuk bagi penderita diabetes terutama cola.  Minuman berpemanis sarat dengan karbohidrat dan fruktosa, yang sangat terkait dengan resistensi insulin dan meningkatkan risiko diabetes. 

Untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah risiko penyakit, konsumsi air atau es teh tanpa pemanis sebagai pengganti minuman manis.

Baca Juga: Minum air rebusan Pegagan efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

2. Makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans buatan sangat tidak sehat lantaran dibuat dengan menambahkan hidrogen ke asam lemak tak jenuh untuk membuatnya lebih stabil. Lemak trans ditemukan dalam margarin, selai kacang, selai, krim, dan makan makanan beku. Selain itu, produsen makanan sering menambahkannya ke kerupuk, muffin, dan makanan panggang lainnya untuk membantu memperpanjang umur simpan produk.

Meskipun lemak trans tidak secara langsung meningkatkan kadar gula darah, senyawa ini telah dikaitkan dengan peningkatan peradangan, resistensi insulin, lemak perut, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan gangguan fungsi arteri.

Baca Juga: Biji jamblang bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru