Kesehatan Umum

6 Manfaat susu kedelai yang baik untuk kesehatan tubuh

Senin, 16 November 2020 | 10:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Manfaat susu kedelai yang baik untuk kesehatan tubuh

ILUSTRASI. Manfaat susu kedelai berguna untuk kesehatan tubuh. REUTERS/Daniel Acker/File Photo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang vegan atau alergi terhadap laktosa, susu kedelai bisa dijadikan pilihan. Ada banyak manfaat susu kedelai yang bisa dirasakan tubuh. Mulai dari menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

Menurunkan Berat Badan

Mengutip dari Doctor NDTV (doctor.ndtv.com), susu kedelai mengandung banyak serat yang berpengaruh pada berat badan. Susu kedelai bisa menurunkan berat badan saat Anda mengonsumsinya secara rutin.

Cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai dengan makanan rendah lemak. Selain berat badan turun, kombinasi makanan tersebut juga mampu menambah massa otot Anda. Tak hanya itu, susu kedelai juga mengandung banyak kolesterol baik sehingga mampu menurunkan tekanan darah Anda.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang telah disebutkan, susu kedelai mengandung banyak kolesterol baik yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Artinya, kesehatan jantung bisa terjaga. Selain kolesterol baik, resiko penyakit jantung berkurang karena adanya vitamin, mineral, dan polyunsaturated fat.

Baca Juga: Inilah 4 manfaat yogurt yang baik untuk kesehatan

Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat susu kedelai selanjutnya juga berguna untuk kesehatan kulit, lo. Jika Anda sering memiliki jerawat, cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai atau jenis makanan lain yang terbuat dari kedelai. Food NDTV mengatakan bahwa kedelai berguna sebagai antihiperpigmentasi dan mampu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Menyehatkan Pertumbuhan Rambut

Salah satu manfaat susu kedelai adalah untuk menyehatkan pertumbuhan rambut.

Apakah Anda memiliki kondisi rambut yang rapuh, kering, dan sulit diatur? Jika iya, mengonsumsi susu kedelai bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya. Susu kedelai yang digabung dengan makanan kaya protein lain mampu menyehatkan pertumbuhan rambut. Jadi, rambut tak mudah rontok.

Menguatkan Tulang

Sama seperti susu sapi, susu kedelai juga mengandung banyak kalsium yang berguna untuk kekuatan tulang. Selain menguatkan, kalsium dalam susu kedelai juga berfungsi untuk mengokohkan struktur tulang dan menurunkan resiko patah tulang.

Baca Juga: 5 Minuman yang baik untuk penderita diabetes, gula darah tidak akan naik

Mengandung Antidepresan

Manfaat susu kedelai lainnya yang disebutkan Doctor NDTV adalah jenis minuman itu mampu meningkatkan mood atau perasaan seseorang. Hal itu terjadi karena adanya vitamin B6 dan vitamin B kompleks lainnya.

Tak hanya itu, magnesium dalam susu kedelai juga mampu meningkatkan serotonin. Artinya, susu kedelai bisa Anda manfaatkan sebagai antidepresan. Cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai secara rutin agar mood selalu terjaga.

Selanjutnya: 10 Makanan ini bisa menurunkan kolesterol tinggi

Editor: Belladina Biananda


Terbaru