Kesehatan Umum

10 Makanan ini bisa menurunkan kolesterol tinggi

Senin, 21 September 2020 | 13:26 WIB Sumber: Kompas.com
10 Makanan ini bisa menurunkan kolesterol tinggi

ILUSTRASI. Cara menurunkan kolesterol secara alami salah satunya dilakukan dengan menjaga pola makan. Alpukat salah satunya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu penyakit yang berisiko tinggi adalah penyakit kolesterol. Pasalnya, jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, hal itu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Cara menurunkan kolesterol secara alami salah satunya dilakukan dengan menjaga pola makan. Pangkas atau hindari makanan yang bisa membuat kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida melonjak. Selain itu, jangan lupa  mengonsumsi asupan yang bisa menjaga kadar tekanan darah agar tetap stabil. 

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi: 

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kenari, kacang tanah, walnut, dan almond adalah jenis makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Dilansir dari Live Strong, kacang-kacangan mengandung asam lemak sehat tak jenuh ganda dan tunggal. Selain itu, kacang-kacangan juga memasok vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3. 

Baca Juga: minum jus pare bisa mengobati penyakit diabetes, begini cara membuatnya

2. Gandum utuh

Oat dari gandum utuh termasuk oatmeal, tepung oat, dan bubuk oat juga termasuk makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi. Menurut Harvard Health Publishing, oat mengandung serat larut jenis beta-glukan yang bisa menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Berdasarkan hasil studi yang mengamati populasi minim kasus penyakit jantung koroner, ternyata warga setempat rajin makan asupan kaya serat seperti buah, sayur, dan produk gandum utuh. 

3. Alpukat

Makanan untuk menurunkan kolesterol yang mudah ditemukan lainnya yakni alpukat. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, dan nutrisi fitosterol serta polifenol. Menurut penelitian pada 2015, orang yang rutin diet makan satu buah alpukat setiap hari, kadar kolesterol jahat (LDL) cenderung rendah. 

Baca Juga: 4 Manfaat kayu manis, salah satunya bisa menghilangkan jerawat

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru