Kesehatan Umum

Inilah 4 manfaat yogurt yang baik untuk kesehatan

Kamis, 08 Oktober 2020 | 11:54 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Inilah 4 manfaat yogurt yang baik untuk kesehatan

ILUSTRASI. Ada beberapa manfaat yogurt yang baik untuk kesehatan.

KONTAN.CO.ID - Siapa yang suka yogurt? Produk olahan susu ini mengandung banyak nutrisi sehingga manfaat yogurt berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Namun, gula dan pemanis buatan bisa mengganggu manfaat yogurt. Jadi, pastikan untuk memilih plain yogurt atau yogurt rendah lemak, ya.

Kaya nutrisi

Dikutip dari Healthline, yogurt mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Yogurt juga mengandung vitamin B12 yang mampu mencegah munculnya penyakit jantung.

Dalam segelas yogurt, Anda bisa memenuhi kebutuhan 49% kalsium, 38% fosfor, 12% magnesium, dan 18% potasium. Fungsi berbagai nutrisi ini untuk mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang.

Anda juga bisa mendapat 12 gram protein dari 200 gram yogurt yang Anda konsumsi. Salah satu fungsi protein adalah memproduksi hormon yang mampu memberi tanda bahwa Anda sudah kenyang.

Hal ini membuat Anda mengonsumsi kalori lebih sedikit. Alhasil, berat badan Anda tak gampang naik.

Baca Juga: 5 Makanan untuk kecerdasan otak anak, wajib dikonsumsi buah hati

Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat yogurt juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat yogurt selanjutnya yang bisa Anda dapat adalah sistem imun tubuh yang meningkat. Sistem imun tubuh yang kuat mampu mencegah serangan berbagai macam penyakit.

Karena itu, Anda perlu mengonsumsi yogurt secara rutin untuk mendapat manfaat tersebut.

Probiotik dalam yogurt terbukti mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Sebuah penelitian mengatakan, kandungan tersebut juga mampu mengurangi pilek parah yang dialami oleh seseorang sehingga penyakit itu bisa sembuh lebih cepat.

Selain probiotik, ada kandungan lain dalam yogurt yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh seseorang. Beberapa kandungan itu adalah magnesium, zinc, selenium, dan vitamin D.

Baca Juga: 3 sumber makanan yang mengandung vitamin E

Editor: Belladina Biananda


Terbaru