Kesehatan Umum

Biji jamblang bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus

Minggu, 15 November 2020 | 15:30 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Biji jamblang bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biji jamblang bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus. Obat herbal biji jamblang bisa jadi solusi untuk Anda yang enggan minum obat resep dokter. 

Diabetes melitus atau yang lebih dikenal sebagai kencing manis, bukanlah penyakit yang asing untuk sebagian masyarakat tanah air. 

Sebab, diabetes melitus merupakan salah satu jenis penyakit yang umum diderita oleh masyarakat.  

Baca Juga: Ini manfaat buah dan daun cermai untuk kesehatan tubuh

Mengutip dari buku berjudul Care Your Self: Diabetes Melitus, seseorang dikatakan menderita penyakit diabetes melitus bila kadar gula dalam darah lebih besar dari 200mg/dl. 

Penyakit diabetes melitus disebabkan kurang aktifnya produksi hormon insulin dari sel kelenjar langerhans pada organ pankreas. 

Kondisi tersebut terjadi karea menyusutnya jumlah sel penghasil hormon insulin. Namun ada pula seseorang yang menderita diabetes melitus meskipun jumlah sel hormon insulin cukup. Hal ini disebabkan insulin tidak efisien dan tubuh tidak mampu mengoksidasi glukosa menjadi energi. 

Diabetes Melitus disebabkan oleh banyak faktor yakni, keturunan, penggunaan obat-obatan tertentu, pola hidup tidak sehat, dan obesitas. 

Penyakit diabetes melitus harus segera ditangani. Bila tidak, penyakit ini akan menggerogoti tubuh penderitanya. 

Ada beberapa cara untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes melitus. Pertama, penderita bisa melakukan olahraga secara rutin. 

Kedua, penderita harus mengonsumsi makanan yang tidak memicu naiknya gula darah. Ketiga, penderita bisa mengonsumsi obat resep dokter.

Bila tidak ingin mengonsumsi obat  kimia, penderita diabetes melitus bisa minum obat herbal.

Jamblang obat herbal diabetes melitus 

 Duwet alias jamblang salah satu buah yang disukai sebagian masyarakat tanah air. 

Jamblang memiliki bentuk seperti anggur dan berwarna hitam. Duwet muda memiliki rasa asam tapi saat sudah matang rasanya manis. 

Mengutip dari buku 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya,karya Drs. H. Arief Hariana, duwet memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, Jamblang bermanfaat sebagai obat herbal penyakit diabetes melitus.

Hal ini disebabkan jamblang memiliki sifat antidiabetes dan mengandung tanin yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah. 

Bagian jamblang yang bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus adalah bijinya. Berikut bahan dan cara membuat obat herbal diabetes melitus.

bahan 

  • Biji jamblang 15 butir 
  • Air 2 gelas 

Anda cuci sampai bersih biji jamblang yang sudah dikeringkan. Kemudian Anda tumbuk atau haluskan biji duwet. 

Anda rebus biji jamblang dengan air sampai mendidih dan menyisahkan air sebanyak 1 gelas. Anda bagi menjadi tiga bagian air rebusan biji jamblang tersebut. Anda minum air rebusan biji jamblang tiga kali sehari. 

Agar kadar gula darah tidak naik lagi, Anda sebaiknya mulai menjalankan pola hidup sehat dan menghindari konsumi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. 

Baca Juga: Sedang batuk berdahak? Ini cara mengobati batuk berdahak secara alami

Selanjutnya: Ini makanan yang baik dan buruk untuk dikonsumsi penderita asam urat

 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru