kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,63   6,99   0.75%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!


Kamis, 29 Februari 2024 / 08:34 WIB
8 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!
ILUSTRASI. Manfaat minum air putih


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh telah teruji khasiatnya secara klinis. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat minum air putih tersebut?

Melansir dari Medical News Today manfaat Air sangat penting untuk banyak fungsi tubuh, seperti melumasi sendi, mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, mencegah kerusakan ginjal, dan banyak lagi.

Selain itu, sekitar 60 persen bumi terdiri dari air, dan sekitar 71 persen permukaan bumi tertutup air.

Baca Juga: 8 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui, Yuk Catat!

Berikut beberapa manfaat minum air putih, di antaranya:

Mempertahankan Keseimbangan Cairan

Tubuh manusia terdiri lebih dari 60% air, dan air berperan penting dalam menjaga fungsi organ, transportasi nutrisi, serta pembuangan zat sisa.

Meningkatkan Fungsi OtakĀ 

Air membantu mengoptimalkan fungsi otak, termasuk konsentrasi, daya ingat, dan fungsi kognitif lainnya. Kekurangan cairan dapat menyebabkan penurunan kinerja otak dan kelelahan mental.

Baca Juga: Apa Manfaat Kulit Manggis? Catat 6 Hal Ini

Mendukung Fungsi Sistem Pencernaan

Air membantu dalam pencernaan makanan dengan memecah nutrisi dan mempermudah pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Minum cukup air membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko dehidrasi, yang dapat menyebabkan kulit kering, kusam, dan bahkan penuaan dini.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Bisa Dilakukan dari Sekarang

Menyokong Fungsi Ginjal

Air membantu menghilangkan racun dan limbah dari tubuh melalui urine. Minum cukup air dapat mencegah pembentukan batu ginjal dan mendukung fungsi ginjal yang optimal.

Membantu Mengatur Suhu Tubuh

Air membantu dalam proses termoregulasi tubuh, yaitu menjaga suhu tubuh dalam kisaran yang optimal. Ini penting terutama saat suhu lingkungan meningkat atau saat kita beraktivitas fisik.

Mengurangi Risiko Penyakit

Minum cukup air telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit tertentu, termasuk penyakit jantung, kanker, dan batu ginjal. Ini karena air membantu menjaga fungsi tubuh yang sehat.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak

Meningkatkan Performa Fisik

Kekurangan cairan dapat menyebabkan penurunan performa fisik, termasuk kelelahan, penurunan kekuatan otot, dan peningkatan risiko cedera saat berolahraga. Minum cukup air penting untuk menjaga performa fisik yang optimal.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kita minum cukup air setiap hari untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Meskipun kebutuhan air setiap individu bisa bervariasi, umumnya disarankan untuk minum sekitar 8 gelas (sekitar 2 liter) air per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×