kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Kulit Kentang untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Sabtu, 10 Februari 2024 / 15:45 WIB
8 Manfaat Kulit Kentang untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat kulit kentang untuk wajah memudarkan lingkaran hitam, mencerahkan kulit, mengobati jerawat, komedo, dan mengurangi minyak berlebih.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kulit kentang ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Manfaat kulit kentang salah satunya dapat menjaga kesehatan kulit. 

Kulit kentang adalah sumber potasium yang bagus. Selain itu, manfaat kulit kentang juga bisa meningkatkan metabolisme dan energi bagi tubuh.

Kulit kentang juga mengandung zat besi, yang membantu mendukung fungsi sel darah merah. Bukan hanya itu, manfaat kulit kentang juga merupakan sumber vitamin B3 yang membantu sel memecah nutrisi menjadi bahan bakar yang bisa digunakan oleh tubuh. 

Selain itu, vitamin B3 membantu sel pulih dari stres fisiologis. Manfaat kulit kentang juga memberikan banyak serat bagi tubuh. 

Serat membantu menjaga metabolisme tetap terkendali selain menurunkan risiko kanker usus besar, penyakit jantung & diabetes tipe 2.

Baca Juga: 11 Manfaat Vitamin B Kompleks Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Manfaat kulit kentang 

Manfaat kulit kentang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Dirangkum dari laman Times of India dan Krishi Jagran, berikut adalah sejumlah manfaat kulit kentang untuk kesehatan tubuh: 

1. ​Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat kulit kentang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kulit kentang kaya akan vitamin C dan bertindak sebagai agen antioksidan yang kuat.

Kulit kentang juga kaya akan kalsium dan vitamin B kompleks yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, kulit kentang adalah sumber alami flavonoid, sejenis fitonutrien yang menunjukkan efek anti-inflamasi & antioksidan, yang melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Simak Jumlah Kalori Daging Ayam dari Bagian Paha hingga Dada

2. ​Melindungi tubuh dari kanker

Manfaat kulit kentang juga bisa membantu tubuh terlindung dari risiko terkena kanker. Kulit kentang kaya akan fitokimia yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. 

Selain itu, kulit kentang juga mengandung asam klorogenat yang melindungi tubuh dari kanker.

3. ​Menurunkan kolesterol

Kulit kentang kaya akan serat dan antioksidan, polifenol, dan glikoalkaloid yang menjaga kadar kolesterol darah tetap terkendali.

Baca Juga: Simak 5 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami, Hasilnya Nyata

4. Menjaga kesehatan ​jantung

Manfaat kulit kentang juga kaya akan potasium, yang menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

5. Mengelola tekanan darah

Manfaat kulit kentang juga bisa mengatur tekanan darah secara alami melalui kandungan mineral potasium, magnesium dan kalsium.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami, Tidak Sulit!

6. Mencerahkan bintik hitam

Manfaat kulit kentang untuk wajah yakni dapat memudarkan bintik hitam dan mencerahkannya. Kulit kentang mengandung senyawa antibakteri, fenolik, dan antioksidan yang mencerahkan dan memudarkan bintik hitam.

Manfaat kulit kentang untuk wajah juga bisa memudarkan lingkaran hitam, mencerahkan kulit, mengobati jerawat, komedo, dan juga mengurangi minyak berlebih. 

Cara menggunakannya yakni dengan mengoleskan kulit kentang yang dihaluskan dengan bantuan kapas pada area bintik hitam atau komedo. Diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga: Asam Urat Membentuk Kristal di Persendian, Ini 8 Cara Atasi Gout Tanpa Obat Kimia

7. Baik untuk tulang

Manfaat kulit kentang juga baik untuk menjaga kepadatan tulang. Kulit kentang mengandung zat besi, potasium, magnesium, fosfor, kalsium, tembaga, dan seng. 

Semua zat tersebut bersama-sama membantu menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis pada wanita. Selain itu, kulit kentang juga mengandung mineral tertentu yang penting untuk pemeliharaan struktur dan kekuatan tulang. 

Nutrisi ini termasuk zat besi, potasium, magnesium, fosfor, kalsium, tembaga dan seng. Sekitar 50-60% magnesium dalam tubuh berada di tulang. 

Mengonsumsi kulit kentang dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan juga dapat mengurangi risiko osteoporosis pada wanita setelah menopause, menurut para ahli di National Institutes of Health.

Baca Juga: 7 Manfaat Rebung Bambu yang Tidak Terduga dan Efek Sampingnya

8. Baik untuk perawatan rambut

Terakhir, manfaat kulit kentang juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut. Menurut para ahli memijat kulit kepala dengan jus kulit kentang menambah kilau pada rambut dan juga membantunya tumbuh lebih cepat. 

Caranya, oleskan jus kulit kentang pada kulit kepala dan pijat dengan lembut selama 5 sampai 10 menit. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air biasa.

Demikian sejumlah manfaat kulit kentang untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui. 

Selanjutnya: POCO X6 Pro 5G vs POCO X5 Pro 5G: Cari yang Terbaik untuk 2024

Menarik Dibaca: Menguak 4 Mitos Kuno Imlek, dari Kisah Monster Nian hingga Pengusiran Roh Jahat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×