kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Kaldu Ayam untuk Kesehatan dan Cara Membuat Kaldu Ayam yang Enak


Senin, 28 Agustus 2023 / 11:58 WIB
8 Manfaat Kaldu Ayam untuk Kesehatan dan Cara Membuat Kaldu Ayam yang Enak
ILUSTRASI. Manfaat kaldu ayam salah satunya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat otot dan tulang serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kaldu ayam yang dibuat menggunakan tulang ayam kaya akan vitamin dan mineral. Untuk itu, ada banyak manfaat kaldu ayam bagi kesehatan. 

Manfaat kaldu ayam salah satunya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, bagus untuk memperkuat otot dan tulang serta menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Tulang ayam dapat dijadikan kaldu tulang ayam. Kaldu ayam dapat memberikan nutrisi penting, terutama mineral, yang berasal dari jaringan tersebut. 

Sehingga, kaldu ayam ini dapat menjadi suplemen makanan yang bermanfaat bagi kesehatan dan tubuh. Apalagi cara membuat kaldu ayam pun cukup mudah dan dengan bahan sederhana saja. 

Lantas, apa saja manfaat kaldu ayam untuk kesehatan dan bagaimana cara membuat kaldu ayam? 

Baca Juga: Inilah 8 Cara Mengatasi Masuk Angin dan Gejala Awalnya

Manfaat kaldu ayam 

Manfaat kaldu ayam

Dirangkum dari laman Medical News Today dan Healthline, sejumlah manfaat kaldu ayam adalah sebagai berikut: 

1. Bergizi tinggi

Tulang ayam kaya akan vitamin dan nutrisi, termasuk kalsium, magnesium, dan fosfor. Selain itu, menyeduh jaringan ikat ke dalam kaldu tulang memberi tubuh senyawa alami dari tulang rawan.

Jaringan dan tulang juga mengandung kolagen. Kolagen yang dimasak mengubahnya menjadi gelatin, yang menyediakan asam amino bagi tubuh, yang merupakan bahan pembangun protein.

Sehingga, manfaat kaldu ayam adalah bisa memberikan sejumlah gizi bagi tubuh. Sumsum tulang sendiri kaya akan kandungan sejumlah nutrisi berikut ini:

  • Zat besi
  • Vitamin A dan K
  • Asam lemak
  • Selenium
  • Seng
  • Mangan

Menambahkan bahan lain, seperti sayuran, ke dalam kaldu juga dapat menambah nutrisi tambahan.

Baca Juga: Resep Misoa Ayam Kecap Ala Devina Hermawan, Jadi Menu Favorit Keluarga

2. Dapat menjaga kekuatan otot, tulang, dan sendi

Manfaat kaldu ayam juga bisa sebagai sumber gelatin yang dapat terurai menjadi kolagen di dalam tubuh. Mineral ini sangat penting pada persendian.

Tulang rawan pada persendian cenderung rusak atau menyusut jika digunakan beraktivitas terus-menerus. Hal ini dapat menambah tekanan pada sendi, yang mungkin rusak akibat tekanan tambahan.

Studi pada 2017 di jurnal Sports Medicine menunjukkan bahwa konsumsi gelatin meningkatkan jumlah kolagen dalam jaringan tubuh. Hal ini dapat membantu melindungi sendi dari stres yang tidak perlu.

Mengonsumsi kaldu tulang ayam mungkin merupakan cara yang baik untuk menambahkan gelatin ke dalam makanan, yang dapat membantu melindungi persendian ini.

Baca Juga: Simak 8 Makanan Tinggi Protein Murah yang Mudah Dikonsumsi

3. Dapat membantu melawan osteoartritis

Senyawa yang terdapat dalam kaldu tulang ayam membantu menjaga persendian, dan juga dapat membantu orang yang sudah menderita osteoartritis.

Sebuah studi tahun 2016 di Jurnal Nutrisi mengamati efek kolagen tipe 2 pada orang yang memiliki gejala osteoartritis di lutut. Kolagen berasal dari jaringan ikat ayam.

Hasilnya menunjukkan bahwa kolagen dapat memperbaiki gejala masalah di sendi lutut, seperti nyeri, kaku, dan penurunan fungsi fisik, pada penderita osteoartritis.

Mengonsumsi kaldu tulang ayam mungkin merupakan cara mudah untuk menambahkan kolagen serta nutrisi bermanfaat lainnya ke tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan dan Makanan yang Mengandung Kolagen

4. Dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh

Manfaat kaldu ayam juga bisa menjaga kesehatan pencernaan. Beberapa asam amino dalam kaldu tulang ayam seperti glutamin bermanfaat untuk pencernaan.

Studi pada 2017 di jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care, mengonsumsi glutamin membantu mengatasi kondisi seperti usus bocor, yang mengiritasi lapisan mukosa di usus dan mengganggu kemampuan tubuh untuk mencerna makanan.

Sebuah studi pada 2017 di jurnal Nutrients, orang dengan penyakit radang usus cenderung memiliki kadar beberapa asam amino yang lebih rendah dalam tubuhnya. 

Bagi orang-orang ini, memberikan asam amino tambahan ke dalam makanan mereka dapat membantu mengatasi beberapa gejala kondisi tersebut.

Minum kaldu ayam tulang setiap hari bisa menjadi cara sederhana untuk memasukkan asam amino anti-inflamasi ke dalam tubuh.

Baca Juga: Resep Tahu Hot Plate Ayam Jamur yang Sedap Harum Kreasi Devina Hermawan

5. Dapat membantu tidur nyenyak

Asam amino dalam kaldu tulang ayam juga dapat meningkatkan kualitas tidur pada beberapa orang.

Sebuah studi pada 2015 di jurnal Neuropsychopharmacology melaporkan bahwa asam amino glisin adalah pilihan terapi yang aman untuk meningkatkan kualitas tidur.

Orang yang mengonsumsi glisin sebelum tidur mungkin merasa tidurnya lebih nyenyak dan rasa lelahnya berkurang keesokan harinya. 

Bagi orang-orang ini, meminum kaldu tulang saat makan malam adalah cara sederhana dapat membantu menyediakan glisin ini.

Baca Juga: Cara Menurunkan Asam Urat dengan Alami, Cek Makanan yang Dilarang Penyakit Asam Urat

6. Dapat mendukung penurunan berat badan

Manfaat kaldu ayam juga bisa membantu orang menurunkan berat badan. Sebab, kaldu yang terbuat dari tulang ayam tinggi protein, yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. 

Sebuah studi pada 2017 di Journal of Renal Nutrition menunjukkan bahwa rata-rata semangkuk kaldu tulang ayam mengandung lebih banyak protein daripada rata-rata secangkir kaldu ayam biasa.

Meminum kaldu tulang ayam atau membuat sup dengan kaldu tulang ayam adalah cara sederhana untuk menambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan dan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Anda Sedang Flu? Coba Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasi Flu yang Anda Alami

7. Membantu penyembuhan influenza, pilek, dan batuk

Manfaat kaldu ayam juga bisa membantu penyembuhan influenza, pilek, dan batuk. Pasalnya, mengonsumsi sup kaldu tulang ayam akan membantu meningkatkan imunitas tubuh pada saat sakit. 

8. Hidrasi yang lebih baik

Manfaat kaldu ayam juga bisa menghidrasi tubuh dengan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Kandungan air yang tinggi dalam kaldu tulang ayam membantu tubuh tetap terhidrasi. 

Air membentuk 70% tubuh dan mempengaruhi hampir semua fungsi tubuh.

Baca Juga: Apakah Labu Siam Menyebabkan Asam Urat? Cek Makanan Tidak Boleh Dikonsumsi Asam Urat

Cara membuat kaldu ayam yang mudah 

Cara membuat kaldu ayam

Ada berbagai macam cara membuat kaldu ayam yakni ada yang dengan merebusnya selama dua jam saja atau bahkan sampai delapan jam. Namun, semua itu tergantung selera dan kebutuhan. 

Dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai cara membuat kaldu ayam dengan dimasak selama delapan jam menggunakan ayam kampung. 

Berikut bahan dan cara membuat kaldu ayam dirangkum dari buku "Solusi Alami 30 Hari Sembuhkan Heartburn":

Bahan-bahan kaldu ayam 

  • 1 Ayam kampung organik. Bersihkan dan potong jadi 8. Pastikan untuk selalu menggunakan ayam kampung yang organik, terbebas dari segala macam antibiotik, kimia, dan suntikan hormon. 
  • 2 Buah wortel potong dadu 
  • 1 Bawang bombai dicincang 
  • 2 Siung bawang putih cincang halus 
  • 2 Cm jahe cincang halus
  • 2-4 Tangkai selederi 
  • 1-2 Sdm cuka apel 
  • 1/4 sampai 1 sdt garam. Garam sebaiknya ditambahkan setelah kaldu selesai dimasak dan sebelum dikonsumsi karena garam adalah mineral yang bisa menghalangi mineral pada tulang terekstrak dengan baik ke dalam kaldu. 
  • Air sekitar 1,5 liter. 

Baca Juga: Penderita Asam Lambung Harus Menjauhi 10 Kebiasaan Buruk Ini

Cara membuat kaldu ayam:

Masukkan semua bahan ke dalam panci besar, potongan sayur, cuka apel, garam, bawang putih, dan jahe. 

  • Masukkan air sampai memenuhi panci. Gunakan panci yang berukuran sedang dan cukup untuk memuat semua bahan serta kurang lebih 1 sampai 2 cm air di atasnya. 
  • Tutup panci dan nyalakan api sedang sampai mendidih lalu kecilkan dan masak terus hingga minimal 8 jam dalam keadaan panci tertutup. 
  • Jika ingin mengonsumsi daging ayam, setelah kira-kira 2 jam angkat ayam dan ambil semua dagingnya lalu masukkan kerangka tulang kembali ke panci dan lanjutkan memasak dengan api kecil. 
  • Setelah agak dingin, saring kaldu dari semua sisa daging, tulang, dan sayuran yang layu. 
  • Kaldu siap digunakan atau disimpan. 

Perlu diketahui bahwa sayuran dalam kaldu ayam hanya berfungsi sebagai penambah rasa kaldu bukan sebab lamanya durasi memasak dapat menyebabkan vitamin dan mineral dalam sayuran hilang. Lebih baik gunakan panci stainless steel dan jangan gunakan panci teflon anti lengket karena akan tercampur dengan kaldu ayam. 

Demikian sejumlah manfaat kaldu ayam terutama kaldu tulang ayam dan cara membuat kaldu ayam yang mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×