kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.514   -14,00   -0,09%
  • IDX 7.761   25,89   0,33%
  • KOMPAS100 1.207   4,86   0,40%
  • LQ45 964   5,17   0,54%
  • ISSI 233   0,32   0,14%
  • IDX30 495   2,78   0,56%
  • IDXHIDIV20 594   3,64   0,62%
  • IDX80 137   0,57   0,42%
  • IDXV30 143   0,37   0,26%
  • IDXQ30 165   0,90   0,55%

Cara Menurunkan Asam Urat dengan Alami, Cek Makanan yang Dilarang Penyakit Asam Urat


Rabu, 23 Agustus 2023 / 14:19 WIB
Cara Menurunkan Asam Urat dengan Alami, Cek Makanan yang Dilarang Penyakit Asam Urat


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Makanan yang Dilarang Penyakit Asam Urat - JAKARTA. Cara menurunkan asam urat dengan alami bisa dilakukan melalui konsumsi sejumlah makanan tertentu. Bersamaan itu, makanan yang dilarang untuk penyakit asam urat juga harus dipatuhi.

Pemilik penyakit asam urat memang harus selektif dalam makanan. Sejumlah makanan bisa membantu menurunkan asam urat dengan alami. Sebaliknya, ada beberapa makanan yang dilarang untuk penyakit asam urat.

Asam urat adalah bahan kimia yang dibuat oleh tubuh ketika memecah zat purin. Zat ini biasanya diproduksi di dalam tubuh dan juga bisa didapatkan dalam beberapa jenis makanan maupun minuman. Contohnya hati, ikan teri, ikan makarel, kacang-kacangan dan bir.

Sebagian besar kandungan asam urat larut dalam darah dan mengalir ke ginjal dan dikeluarkan tubuh melalui urin.Namun adakalanya tubuh kita memproduksi asam urat berlebihan sehingga tubuh tidak bisa mengeluarkannya dengan optimal. Jadi, berapa batas asam urat normal untuk wanita?

Dikutip dari WebMD, asam urat diukur dengan satuan mg/dL, sebagai perbandingannya dengan kadar darah. Kadar normal asam urat wanita yakni di bawah angka 6 mg/dL. Sedangkan kadar normal asam urat pria yaitu 7 mg/dL.

Cara menurunkan asam urat dengan alami

Dilansir dari Kompas.com, berikut sejumlah makanan yang perlu dikonsumsi sebagai cara menurunkan asam urat dengan alami:

  • Buah pisang

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang pertama adalah perbanyak makan buah pisang. Buah pisang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat alami untuk meredakan asam urat.

Pisang juga mengandung kalium, senyawa yang membantu mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam tubuh. Untuk mencegah dan menurunkan asam urat, Anda disarankan makan pisang sebanyak 1-2 buah per hari.

Baca Juga: 5 Makanan Peluntur Gout, Penumpukan Kristal Asam Urat Sebabkan Radang Sendi

  • Buah lemon

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang kedua adalah minum sari buah lemon. Rutin minum air perasan lemon juga menyebabkan tubuh Anda melepaskan lebih banyak kalsium karbonat, sehingga kadar asam urat menurun.

Anda dapat memotong buah lemon dan dimakan langsung untuk mengatasi asa urat. Jika tidak suka mengunyah langsung lemon, Anda bisa juga meminum air perasan lemon.

Menurut Healthline, buah lemon dapat membantu meningkatkan pH (kadar keasaman) dalam darah darah dan cairan tubuh lainnya, sehingga kondisi tubuh lebih basa dari biasanya. Rutin minum air perasan lemon juga menyebabkan tubuh Anda melepaskan lebih banyak kalsium karbonat, sehingga kadar asam urat menurun.

  • Buah ceri

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang ketiga adalah konsumsi buah ceri. Buah ceri mengandung vitamin C, antioksidan, serta senyawa anti-inflamasi yang bermanfat bagi kesehatan, termasuk mengobati asam urat.

Salah satu senyawa anti-inflamasi pada buah ceri yaitu bernama antosianin yang diyakini dapat menurunkan kadar asam urat, sekaligus meredakan nyeri sendi akibat serangan gout.

  • Buah apel

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang keempat adalah makan buah apel. Apel memiliki kandungan serat yang dapat membantu mengatasi asam urat. Dikutip dari Healthshots, serat menyerap asam urat dari aliran darah dan menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh Anda.

  • Sayuran

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang kelima adalah perbanyak konsumsi sayuran tertentu. Sayuran juga mengandung serat yang tinggi seperti apel, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat. Contoh sayuran yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi asam urat secara alami yaitu buncis, kacang-kacangan, dan brokoli.

Namun, ada beberapa sayuran yang diyakini tinggi purin yaitu bayam dan asparagus sehingga sebaiknya tidak disarankan untuk penderita asam urat.

Kita dapat mengonsumsi beberapa makanan penurun asam urat untuk mengatasi gout secara alami. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli gizi untuk mengetahui porsi makanan penurun asam urat yang sebaiknya Anda konsumsi.

Obat-obatan untuk mengatasi asam urat

Jika perbaikan pola makan dan gaya hidup tidak memberi perubahan secara signifikan, dokter mungkin merekomendasikan beberapa obat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan, antara lain:

  • Ibuprofen: untuk mengurangi rasa sakit di area persendian
  • Feburic: menurunkan kadar asam urat tinggi Allopurinol,
  • Febuxostat: mengurangi produksi asam urat
  • Indometasin: meredakan nyeri akibat serangan gout
  • Lesinurad: membuang kelebihan asam urat melalui urine

Makanan yang dilarang penyakit asam urat

Apa saja makanan yang dilarang untuk penyakit asam urat? Berikut daftar makanan yang dilarang untuk penderita asam urat:

1. Ikan dan makanan laut 

Makanan yang dilarang untuk penyakit asam urat yang pertama adalah ikan dan makanan laut. Ikan dan makanan laut juga merupakan sumber purin. Makanan laut paling pantang dikonsumsi oleh penderita asam urat antara lain kerang, sarden, teri, dan mekerel.

Sementara beberapa jenis ikan yang mengandung purin cukup tinggi seperti tuna, ikan cod, salmon, dan kakap. Makanan laut seperti tiram, lobster, kepiting, dan udang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit karena mengandung purin tinggi.

2. Biji-bijian utuh 

Makanan yang dilarang untuk penyakit asam urat yang kedua adalah biji-bijian utuh. Makanan dengan biji-bijian utuh, seperti gandum dan oatmeal mengandung purin dalam jumlah sedang. Meskipun dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan obesitas, namun penderita asam urat perlu hati-hati mengonsumsi biji-bijian utuh. 

Sebuah studi di 2016 menemukan bahwa mengurangi indeks glikemik dapat membantu menurunkan kadar asam urat pada peserta. Membatasi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih, pasta, dan nasi putih dapat membantu mengurangi kadar asam urat dan mencegah serangan asam urat. 

Diperlukan penelitian lanjutan untuk mendalami temuan ini. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi biji-bijian utuh secara berlebihan dapat berisiko bagi penderita asam urat. 

3. Gula 

Makanan yang dilarang untuk penyakit asam urat yang ketiga adalah gula. Gula memang rendah purin. Namun, pola makan tinggi gula rafinasi berkaitan dengan kondisi lain yang dapat memperburuk gejala asam urat, seperti obesitas dan diabetes. Jadi, hindari makanan dan minuman tinggi gula seperti soda dan produk lain yang dimaniskan menggunakan sirup jagung fruktosa tinggi karena dapat meningkatkan asam urat. 

Jika menginginkan rasa manis, konsumsilah buah segar. Meski beberapa buah tinggi kandungan gula, namun itu adalah gula alami dan buah-buahan juga mengandung nutrisi lain yang penting bagi tubuh.

4. Daging dan organ dalam

Makanan yang dilarang untuk penyakit asam urat yang keempat adalah daging dan organ. Daging organ, termasuk hati, ginjal, otak, lidah, dan babat, memiliki kandungan purin tinggi. Jadi, konsumsi daging organ harus dihindari sepenuhnya, sementara daging lainnya harus dibatasi hingga maksimal 4 ons per hari. 

Beberapa daging yang harus dikonsumsi dalam jumlah moderat antara lain daging ayam, bebek, babi, angsa, kelinci, domba, sapi muda, serta makanan hewani lain, seperti kaldu dan sup ayam. 

5. Sayuran tinggi purin 

Makanan yang dilarang untuk penyakit asam urat yang kelima adalah sayuran tinggi purin. Konsumsi sayur-sayuran sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun, penderita asam urat perlu mewaspadai sejumlah sayuran dengan kandungan tinggi purin, seperti asparagus, kembang kol, dan bayam. 

Meski begitu, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter jika ingin menyertakan sayur-sayuran tersebut ke dalam pola makan harian. 

Sebab, sejumlah penelitian belum menunjukkan bahwa sayuran tinggi purin berkaitan dengan kadar asam urat tinggi atau meningkatkan risiko serangan asam urat. 

Faktanya, konsumsi sayur-sayuran dalam jumlah banyak, termasuk sayuran tinggi purin, diketahui dapat menurunkan risiko asam urat.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan Penurun Asam Urat Alami yang Aman Dikonsumsi", dan "5 Jenis Makanan Pantangan Penderita Asam Urat"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×