kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Pisang Merah Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui


Kamis, 14 Desember 2023 / 13:58 WIB
8 Manfaat Buah Pisang Merah Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah pisang merah untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Pisang Merah - Ada berbagai manfaat buah pisang merah bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Selain itu, cara mengkonsumsi buah pisang merah juga perlu diperhatikan.

Buah pisang merah, yang dikenal dengan nama ilmiah Musa acuminata, adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah ini tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi yang dapat mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 23, Ini Prediksi Persija Jakarta vs PSS Sleman

Merangkum dari Medicinenet, ini manfaat buah pisang merah bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Pisang merah mengandung berbagai nutrien penting, termasuk vitamin C, vitamin B6, potassium, magnesium, dan serat. Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin B6 mendukung metabolisme tubuh dan pembentukan sel darah. Potassium dan magnesium dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan tekanan darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan potassium dalam buah pisang merah dapat membantu menjaga tekanan darah normal, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mendukung fungsi otot jantung. Selain itu, serat dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Mendukung Fungsi Pencernaan

Pisang merah mengandung serat larut dan tidak larut, yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan pergerakan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: 7 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Suka Pare?

4. Energi Alami dan Instant

Buah pisang merah mengandung karbohidrat kompleks dan gula alami, memberikan energi yang cepat dan tahan lama. Ini menjadikannya camilan yang ideal sebelum atau setelah berolahraga untuk mengisi ulang energi.

5. Menyediakan Antioksidan

Antioksidan dalam buah pisang merah, seperti beta-karoten dan senyawa lainnya, dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan serta perkembangan penyakit kronis.

Baca Juga: Suka Petai? Ini 7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

6. Meningkatkan Mood dan Konsentrasi

Kandungan vitamin B6 dalam buah pisang merah berperan dalam produksi neurotransmitter, seperti serotonin, yang dapat mempengaruhi mood dan membantu mengurangi stres. Makan pisang merah juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

7. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Potassium dalam buah pisang merah berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ini dapat membantu mencegah retensi air dan membantu fungsi ginjal.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

8. Mengandung Zat Besi

Buah pisang merah mengandung zat besi, yang merupakan komponen penting untuk membantu tubuh membentuk hemoglobin dan mencegah anemia.

Penting untuk dicatat bahwa manfaat tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi pisang merah secara seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif. Meskipun buah ini menyediakan banyak nutrisi, penting juga untuk mencakup berbagai jenis makanan untuk memastikan asupan nutrisi yang seimbang bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×