kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,27   8,88   0.98%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Apel Merah untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Kandungan Nutrisinya


Rabu, 25 Oktober 2023 / 16:05 WIB
8 Manfaat Apel Merah untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Kandungan Nutrisinya
ILUSTRASI. Manfaat Apel Merah untuk Kesehatan.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Apel Merah Nutrisi yang dikandung apel berbeda-beda, tergantung pada jenis yang apel yang kita konsumsi. Misalnya, manfaat apel merah untuk kesehatan karena kandungan antioksidannya tinggi. 

Apel merah adalah jenis apel dengan kandungan antioksidan yang paling tinggi. Kulitnya yang merah dan gelap mengandung lebih banyak antioksidan atau zat yang melindungi sel dari kerusakan. 

Meski demikian semua apel kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat apel merah untuk kesehatan? 

Baca Juga: Nafas Bau Bawang Bikin Malu, Cek Cara Menghilangkannya dengan Cepat & Mudah

Kandungan nutrisi apel 

Manfaat apel merah untuk kesehatan

Dirangkum dari laman Cleveland Clinic, berikut adalah sejumlah kandungan nutrisi apel merah:

1. Antioksidan

Kulit apel kaya akan antioksidan, terutama quercetin. Nutrisi ini ditemukan dalam makanan berpigmen tinggi (berwarna-warni), termasuk buah jeruk, beri, teh hijau, dan anggur merah.

2. Serat

Apel adalah sumber serat yang baik, yang membantu menyehatkan pencernaan.

3. Air

Apel mengandung sekitar 85% air, menjadikannya camilan yang menghidrasi.

Baca Juga: Penderita Diabetes & Pradiabetes Wajib Jauhi 11 Makanan & Minuman Ini

Manfaat apel merah untuk kesehatan

Manfaat apel merah

Kombinasi antioksidan dan serat menjadikan apel kaya nutrisi dan meningkatkan energi. Berikut ini beberapa manfaat apel untuk kesehatan:

1. Menstabilkan gula darah

Manfaat apel merah yang pertama adalah dapat mengontrol gula darah. Kadar glukosa yang tinggi dari waktu ke waktu dapat menyebabkan diabetes tipe 2. 

Namun, sebuah studi menyebutkan bahwa dari 38 ribu orang yang mengonsumsi lebih dari satu apel sehari memiliki kemungkinan 28% lebih kecil untuk terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel apa pun.

Selain itu, antioksidan dan serat dalam apel juga bisa  melindungi pankreas dari kerusakan. Pankreas memproduksi insulin untuk menghilangkan glukosa dari darah.

Sementara, serat dapat memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. 

Baca Juga: Ini 6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat apel merah juga bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung karena menyumbat arteri dan membatasi aliran darah ke jantung. 

Namun, antioksidan dan serat dalam apel adalah kombinasi yang ampuh untuk membantu menurunkan kolesterol tersebut.

Jenis serat yang menonjol di sini adalah pektin, yang mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mengeluarkannya.

Berbagai penelitian pada orang dengan kolesterol tinggi menunjukkan bahwa mengonsumsi beberapa buah apel sehari dapat menurunkan kadar kolesterol total sekitar 5% hingga 8%. 

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat apel merah juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Pola makan yang sehat merupakan salah satu cara mencegah dan mengelola tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian kecil di Australia menemukan makan apel membantu menurunkan tekanan darah. 

Namun, para peneliti sepakat bahwa antioksidan dalam kulit apel membantu melancarkan aliran darah. Serat dalam apel juga mungkin berperan dalam membantu menurunkan tekanan darah. 

Baca Juga: Turunkan Gula Darah Secara Alami, Catat Menu Penderita Diabetes

4. Meredakan peradangan

Peradangan adalah salah satu cara tubuh kita melawan infeksi dan menyembuhkan jaringan yang rusak. Namun, peradangan seharusnya hanya berlangsung dalam waktu singkat. 

Peradangan yang terus-menerus dan berlangsung lama (kronis) justru menimbulkan kerusakan sel dan menyebabkan munculnya penyakit.

Apel mengandung zat anti inflamasi terutama serat dan quercetin, antioksidan yang mengurangi peradangan, terutama pada sistem pernapasan. Menurut beberapa penelitian, manfaat apel merah menurunkan protein c-reaktif dalam darah, sebuah tanda bahwa peradangan kronis membaik.

Selain itu, penelitian terhadap 1.600 orang dewasa muda menunjukkan bahwa makan apel dan pir dapat mencegah asma. Penelitian lain juga menunjukkan peningkatan fungsi paru-paru pada orang yang makan apel.

Baca Juga: 5 Buah Segar Perontok Kolesterol Jahat di Tubuh

5. Menyehatkan sistem pencernaan tubuh 

Manfaat apel merah juga bisa menyehatkan sistem pencernaan tubuh. Kandungan quercetin dapat menghentikan pertumbuhan mikroba berbahaya di usus.

Sementara pektin di dalam apel bertindak sebagai prebiotik atau makanan bagi mikroorganisme baik dan meningkatkan kesehatan usus.

6. Bermanfaat untuk diet

Manfaat apel merah juga bisa untuk diet. Apel mengandung banyak air dan serat dan bisa menjadi camilan yang mengenyangkan. 

Seratnya membantu memperlambat pencernaan, sehingga tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, apel rendah kalori, sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

7. Manfaat apel merah untuk jantung

Jika Anda makan apel sehari, Anda mungkin bisa hidup lebih lama, kata sebuah penelitian. Pasalnya, manfaat apel merah dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau kanker, dua penyebab utama kematian di dunia. 

Dalam sebuah penelitian terhadap hampir 40.000 orang, mereka yang makan apel memiliki kemungkinan 13% hingga 22% lebih kecil terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak makan buah.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung, Cek Apa Saja

8. Apel juga dapat membantu mencegah kanker

Manfaat apel merah juga bisa membantu mencegah kanker. Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi apel lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit kanker. 

Sebuah penelitian terhadap 77 ribu orang menemukan bahwa mereka yang makan setidaknya satu apel sehari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru.

Demikian sejumlah manfaat apel merah untuk kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×