kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.479   21,00   0,14%
  • IDX 7.723   -12,11   -0,16%
  • KOMPAS100 1.200   -1,91   -0,16%
  • LQ45 958   -0,97   -0,10%
  • ISSI 232   -0,58   -0,25%
  • IDX30 492   -0,52   -0,10%
  • IDXHIDIV20 591   0,04   0,01%
  • IDX80 137   -0,18   -0,13%
  • IDXV30 142   -0,21   -0,15%
  • IDXQ30 164   -0,28   -0,17%

9 Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui


Selasa, 08 Agustus 2023 / 12:13 WIB
9 Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Salah satu manfaat apel hijau untuk kesehatan adalah melancarkan pencernaan karena mengandung pektin.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Apel hijau mungkin masih belum terlalu banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Padahal, ada beragam manfaat apel hijau untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. 

Salah satu manfaat apel hijau untuk kesehatan adalah melancarkan pencernaan karena mengandung pektin. Pektin adalah senyawa yang berfungsi sebagai prebiotik untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di usus.

Hal ini juga membuat apel hijau bagus dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan karena tinggi akan serat. Serat dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. 

Selain itu, apa saja manfaat apel hijau untuk kesehatan? 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Catat!

Manfaat apel hijau untuk kesehatan 

Manfaat buah apel hijau juga bisa mengontrol gula darah.

Dirangkum dari laman WebMD, PharmEasy, dan buku "Manfaat Buah" (2018), berikut adalah sejumlah manfaat apel hijau untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat apel hijau yakni meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Salah satu faktornya adalah tingginya kandungan serat dalam apel hijau yang dikaitkan dengan penurunan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. 

Baca Juga: Penderita Diabetes Terlarang Mendekati 7 Makanan & Minuman Ini

2. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

Manfaat apel hijau juga bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Mengonsumsi minimal dua apel hijau setiap minggu dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 ungkap sebuah studi. 

Meski demikian, masih diperlukan studi lebih lanjut mengenai hal tersebut. Pasalnya, masih belum jelas kandungan apa dalam apel hijau yang dapat bermanfaat mencegah diabetes tipe 2. 

Baca Juga: Catat 5 Obat Sinusitis Alami yang Ampuh dan Mudah Dicari

3. Melancarkan pencernaan 

Apel hijau mengandung senyawa yang disebut pektin, sumber serat yang berfungsi sebagai prebiotik untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di usus. Pektin yang ditemukan dalam apel hijau dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih efisien.

Kandungan serat yang tinggi pada apel hijau juga dapat merangsang sistem pencernaan serta membantu mengatasi sembelit dan diare. 

Orang dengan Irritable Bowel Syndrome dan gangguan pencernaan lainnya dapat meredakan gejala mereka dengan menambahkan lebih banyak makanan kaya serat ke dalam makanan mereka.

Baca Juga: Cara Membuat Minuman Smoothies untuk Jinakkan Kolestreol Tinggi, Ada 6 Resep

4. Bagus untuk kesehatan kulit 

Manfaat apel hijau untuk kesehatan juga bisa memperbaiki jaringan tubuh yang rusak karena kandungan vitamin C-nya. 

Salah satunya sel-sel kulit yang mudah rusak karena pola hidup dan lingkungan. Selain itu, apel hijau juga mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit. 

5.  Menyehatkan gigi

Manfaat apel hijau juga bisa membuat gigi lebih sehat dan kuat. Hal ini karena apel hijau mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan gigi. 

Baca Juga: Bisa Dicoba Moms, Ini Daftar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

6. Menyehatkan rambut

Manfaat apel hijau juga bisa menjaga kesehatan rambut karena kandungan vitamin C dan E. Selain itu, apel hijau juga bisa membuat rambut lembut dan terhindar dari ketombe.

Manfaat apel hijau juga bisa menjaga kesehatan rambut karena kandungan vitamin C dan E.

7. Meringankan gejala asma 

Manfaat buah apel hijau juga bisa membantu meringankan gejala penyakit paru dan asma. Apel hijau telah terbukti mengurangi gejala asma saat kambuh. 

Studi terbaru di Australia menunjukkan bahwa asupan apel hijau menurunkan risiko asma dan hipersensitivitas paru-paru. Studi lain dengan pria paruh baya juga menunjukkan efek menguntungkan dari konsumsi apel pada fungsi paru-paru.

Baca Juga: 7 Makanan & Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

8. Mencegah kanker 

Apel hijau kaya akan flavonoid yang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker paru-paru, pankreas, dan usus besar. Studi menunjukkan bahwa manfaat apel hijau berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker di payudara, usus besar, dan kulit.

Dalam studi klinis menunjukkan bahwa baik pria maupun wanita yang mengonsumsi apel hijau dalam makanan mereka mengalami penurunan risiko berkembangnya kanker paru-paru. 

Baca Juga: 7 Minuman Rendah Kalori Ini Bisa Hempaskan Lemak Tubuh, Pas Buat Diet

9. Membantu diet

Apel adalah makanan berserat tinggi. Apel hijau memiliki serat makanan dalam jumlah tinggi, yang membantu menurunkan berat badan.

Dalam penelitian pada manusia, menunjukkan bahwa konsumsi apel hijau dapat membantu menurunkan berat badan pada wanita paruh baya yang obesitas. 

Selain itu, sebuah studi juga menunjukkan bahwa manfaat buah apel hijau dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar glukosa dalam darah. Namun, hal ini perlu diimbangi dengan pola makan yang tepat. 

Demikian sejumlah manfaat buah apel hijau untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×