kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!


Jumat, 28 April 2023 / 13:16 WIB
5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!
ILUSTRASI. Manfaat kacang hijau untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat berbagai manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh yang wajib diketahui. Hal tersebut dikarenakan manfaat kacang hijau telah teruji khasiatnya secara klinis.

Manfaat kacang hijau tersebut berasal dari kandungan nutrisi yang beragam dan dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya seperti vitamin B, zat besi, magnesium, kalsium, vitamin A, vitamin C dan masih banyak lagi. 

DI Indonesia kacang hijau kerap dijadikan berbagai jenis makanan yang lezat. Seperti bubur kacang hijau, onde-onde, peyek, bakpia, mochi dan berbagai jenis makanan lezat lainnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat!

Melansir dari Maple Holistics, berikut beberapa manfaa kacang hijau untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi kacang hijau secara rutin mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tak hanya itu, kacang hijau juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah karena mengandung magnesium dan kaya akan serat. 

Sehingga tak heran mengkonsumsi kacang hijau mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Talas untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan Anda. Hal tersebut dikarenakan kacang hijau mengandung banyak serat yang mampu membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga buang air besar Anda tidak terganggu.

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, sepertinya Anda mesti memasukan kacang hijau ke daftar menu makanan saat diet. Pasalnya, kacang hijau kaya akan protein dan serat yang mampu membuat Anda akan terasa lebih kenyang. Serta kacang hijau juga mempunyai kalori yang relatif rendah.

Baca Juga: Ayo Kenali 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kacang hijau juga bermanfaat untuk kecantikan. Dilansir dari Maple Holistics kacang hijau mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut. 

Selain itu, kacang hijau juga dapat mencegah masalah-masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan, keriput, noda hitam dan berbagai jenis masalah kulit lainnya.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

5. Menurunkan Gula Darah

Salah satu manfaat kacang hijau yang cukup penting adalah mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan protein, antioksidan dan serat yang banyak mampu memperlambat produksi gula darah. 

Selain itu kacang hijau mengandung gula alami yang mudah dicerna. Sehingga tidak berisiko menambah gula darah dan cukup aman dikonsumsi penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×