kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45942,75   2,00   0.21%
  • EMAS1.110.000 -1,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam


Selasa, 24 Oktober 2023 / 11:35 WIB
Ini 6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam
ILUSTRASI. Ini 6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar bahan alami untuk menghilangkan bekas luka. Panduan berikut ini bisa menjadi solusi dalam menyamarkan bekas luka yang mengganggu penampilan Anda.

Bekas luka adalah tanda perubahan pada kulit atau jaringan tubuh yang dihasilkan setelah proses penyembuhan luka.

Kondisi luka yang membekas pada kulit muncul sebagai akibat dari berbagai jenis cedera, termasuk luka bakar, luka sayat, operasi, atau kondisi kulit seperti jerawat.

Bekas luka dapat berbentuk beragam, termasuk bekas luka datar, cekung, timbul, atau berwarna berbeda dari kulit sekitarnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan yang Sudah Diteliti

Jerawat di Alis

Langkah awal menghilangkan bekas luka

Ada sederet cara yang bisa dijadikan pilihan supaya kemunculan bekas luka berkurang. Anda tentunya wajib melindungi kulit dari paparan sinar matahari supaya bekas luka tidak menghitam.

Selain itu, Anda perlu menghentikan kebiasaan merokok dan maupun minuman yang merusak struktur kulit.

Nah, pastikan Anda mulai membiasakan diri untuk rajin olahraga. Kebiasaan itu bisa membuat kulit lebih sehat sehingga bekas luka bisa berkurang.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba, misalnya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Baca Juga: 5 Khasiat Menakjubkan Daun Sirsak dan Cara Tepat Mengolahnya

Ada beberapa bahan alami yang bisa dicoba secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menghilangkan bekas luka.

Simak daftar bahan alami untuk menghilangkan bekas luka yang bisa dilakukan secara konsisten dilansir dari laman Sprsi.

1. Madu murni

Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami juga bisa Anda lakukan dengan madu. Antibakteri dan kandungan lain yang terdapat dalam madu mampu mempercepat proses menghilangnya bekas luka.

Supaya efeknya lebih maksimal, Anda perlu mencampur 2 sdm madu dengan ¼ gelas oatmeal terlebih dahulu. Aduk rata kemudian aplikasikan kombinasi bahan alami tersebut pada bekas luka. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air hangat.

2. Bawang Merah

Bawang merah juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka, lo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengaplikasikan gel bawang merah tiga kali dalam sehari dapat mempercepat proses menghilangnya bekas luka.

Selain itu, kandungan dalam bawang merah juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. cara yang perlu dilakukan sangat mudah.

Parut bawang merah lalu oleskan pada bekas luka. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal.

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yang direkomendasikan oleh Emedi Health adalah dengan memakai lidah buaya.

Oleskan gel bening dengan lembut ke bekas luka dua kali sehari dengan gerakan melingkar yang lembut. Bilas gel setelah sekitar 30 menit dengan air dingin.

Ulangi ini sekali di pagi hari dan sekali di malam hari untuk memperbaiki bekas luka.

4. Cuka Sari Apel

Buatlah larutan dengan mencampurkan beberapa sendok makan air sulingan dengan satu sendok makan cuka sari apel. Celupkan bola kapas ke dalam larutan dan letakkan di atas bekas luka.

Tutupi bola kapas dengan plester atau selotip medis agar tidak bergerak. Bilas larutan setelah beberapa menit, dan pastikan untuk melembabkan untuk menyegarkan kulit.

5. Air Lemon

Anda bisa mulai dengan mengoleskan air perasan lemon atau jeruk nipis pada bekas luka dengan kain. Biarkan selama beberapa menit di kulit sebelum membilasnya.

Kualitas asam pada jus membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di sepanjang bekas luka dan dapat mengurangi kemerahan atau munculnya bekas luka.

6. Essential Oil

Ada banyak essential oil yang bisa Anda gunakan sebagai penghilang bekas luka. Namun, pastikan untuk mengencerkan essential oil dengan carrier oil setiap sebelum menggunakan jenis minyak itu.

Apabila muncul reaksi alergi yang tidak diinginkan, usahakan untuk segera menghentikan pemakaian minyak tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negotiation For Everyone Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×