kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,55   3,92   0.42%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Obat Luka Diabetes Dari Bahan Alami, Cermati Ciri-Ciri Luka yang Mau Sembuh


Selasa, 10 Oktober 2023 / 06:29 WIB
5 Obat Luka Diabetes Dari Bahan Alami, Cermati Ciri-Ciri Luka yang Mau Sembuh
ILUSTRASI. 5 Obat Luka Diabetes Dari Bahan Alami, Cermati Ciri-Ciri Luka yang Mau Sembuh


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Ciri-Ciri Luka Diabetes yang Mau Sembuh - JAKARTA. Kenali cara merawat luka diabetes agar cepat sembuh dan tidak diamputani. Simak juga ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh.

Cara merawat luka diabetes agar cepat sembuh penting dikenali. Pasalnya, penyembuhan luka diabetes membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan pada manusia biasa.

Bahkan tak jarang luka diabetes malah menyebar. Akibatnya, luka diabetes semakin parah dan harus berujung diamputasi.

Dilansir dari website resmi Hermina Hospital, luka diabetes lebih lama sembuh karena kadar gula darah pada penderita diabetes terlalu tinggi. Hal tersebut dapat merusak saraf, menyebabkan sirkulasi darah memburuk sehingga menghambat proses perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakanĀ  sehingga luka akan tetap terbuka.

Baca Juga: Cara Mengobati Diabetes Pada Wanita, Bolehkah Penderita Diabetes Makan Gula Pasir?

Berikut cara merawat luka diabetes agar cepat sembuh:

1. Kontrol kadar gula darah

Cara merawat luka diabetes agar cepat sembuh yang pertama adalah mengontrol gula darah. Gula darah yang tidak terkontrol menjadi salah satu faktor penyulit proses penyembuhan pada luka diabetes.

Karena itu sahabat hermina penting sekali untuk mengontrol gula darah dengan rutin. Menjaga pola makan yang baik dan sehat, teratur dalam mengkonsumsi obat atau insulin, serta melakukan konsultasi dengan dokter spesialis untuk mengontrol kadar gula darah.

2. Bersihkan luka setiap hari

Cara merawat luka diabetes agar cepat sembuh yang kedua adalah membersihkan luka setiap hari. Gunakan air yang mengalir dan sabun untuk membersihkan luka lalu keringkan dengan benar.

Oleskan salep pada daerah sekitar luka yang sudah diresepkan oleh dokter. Tidak disarankan untuk merendam bagian yang luka karena akan meningkatkan resiko infeksi.

3. Hindari melakukan tekanan pada luka

Cara merawat luka diabetes agar cepat sembuh yang ketiga adalah jangan menekan bagian kulit yang luka. Tekanan yang terlalu keras pada area yang luka akan menambah parah pada luka.

Untuk menghindari tekanan pada daerah luka, jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat. Jika luka terjadi diarea sekitar kaki sebaiknya gunakan alas kaki yang memang dirancang untuk pasien diabetes.

4. Tutup luka diabetes dengan perban

Cara merawat luka diabetes agar cepat sembuh yang keempa adalah menutup luka dengan perban. Konsultasikan terlebih dahulu untuk pemilihan perban dengan tenaga medis agar dapat memilih perban yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Cek tanda terjadinya infeksi pada luka

Cara merawat luka diabetes agar cepat sembuh yang kelima adalah mewaspadai gejala infeksi. Gejala infeksi biasanya dapat kita kenali dengan beberapa ciri khas, diantaranya : hangat disekitar area luka, muncul rasa sakit, kemerahan, bengkak, luka yang berair, bernanah danĀ  disertai dengan bau tidak sedap.

Jika mengalami kondisi seperti diatas, pastikan segera membersihkan luka dengan benar. Jangan sungkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Obat alami luka diabetes agar cepat sembuh

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, bahan-bahan alami yang ada di sekeliling kita bisa sebagai obat luka diabetes agar cepat kering.

Bottom Line Inc (bottomlineinc.com) mengatakan bahwa jumlah gula darah yang tak terkontrol mengakibatkan sistem imun tubuh tak optimum. Ketika hal itu terjadi, bakteri menjadi lebih mudah menginfeksi tubuh.

Pembuluh darah yang bertugas untuk mendistribusikan oksigen dan nutrisi supaya luka cepat sembuh pun tak bekerja secara maksimal. Akibatnya, luka yang Anda miliki menjadi lebih mudah bertambah parah.

Perlu diingat bahwa beberapa bahan alami di bawah ini hanya mengobati luka ringan, ya. Apabila luka di tubuh Anda parah, segera minta bantuan dokter untuk merawatnya. Dengan begitu, kondisi tubuh tak memburuk dan luka bisa sembuh dengan baik.

Lidah Buaya

Obat alami luka diabetes yang pertama adalah lidah buaya. Antimikroba dalam lidah buaya pun efektif mencegah infeksi yang lebih serius.

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan selanjutnya yang bisa Anda pakai sebagai obat luka diabetes agar cepat kering. Alasannya karena tea tree oil memiliki antibakteri dan kandungan lain yang dibutuhkan tubuh supaya luka cepat sembuh.

Anda bisa mengaplikasikan tea tree oil langsung pada luka di tubuh Anda. Jika Anda ingin menutup luka dengan kain kasa atau sejenisnya, jangan lupa untuk mencampur tea tree oil dengan minyak kelapa atau carrier oil lainnya. Anda bisa menggunakan perbandingan 1:1.

Cabai

Obat luka diabetes agar cepat kering selanjutnya adalah cabai. Kandungan yang terdapat dalam bahan alami itu mampu menghentikan pendarahan. Anda hanya perlu mengaplikasikan bubuk cabai pada luka selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air.

Baca Juga: Radang sendi sering kumat? Ini 6 makanan yang efektif meringankan radang sendi

Madu dan Kentang

Bottom Line Inc merekomendasikan madu sebagai obat luka diabetes selanjutnya yang patut Anda coba. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan madu. Pertama, bahan alami tersebut bisa membersihkan cairan dan sel kulit mati yang memperparah luka.

Kedua, madu mampu membentuk pembatas bakteri karena adanya kandungan antibakteri. Selanjutnya, sistem imun tubuh pun menguat karena bahan alami itu. Anda hanya perlu mengoleskan madu di atas luka yang sudah dibersihkan.

Setelah 30 menit, bersihkan sisa madu kemudian aplikasikan kentang. Tutup luka yang dilapisi kentang itu dengan kain kasa selama 30 menit. Enzim yang terkandung dalam kentang mampu memperbaiki jaringan yang rusak sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

Ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh

Dengan perawatan yang tepat, luka diabetes akan cepat sembuh. Lalu bagaimana ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh?

Disarikan dari website Aido Health, berikut beberapa ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh:

  • Luka telah mengering dengan baik
  • Luka yang ada mulai tertutup oleh jaringan yang baru
  • Pada beberapa kesempatan, area sekitar luka akan mengalami rasa gatal. Hal ini sejatinya normal dan merupakan salah satu tanda luka akan sembuh.
  • Warna kemerahan pada area sekitar luka mulai memudar

Itulah berbagai obat dan cara merawat luka diabetes agar cepat sembuh. Selalu cermati ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh agar tidak timbul infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×