kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah, Cek Obat Penurun Gula Darah Alami untuk Pasien Diabetes


Kamis, 20 Juli 2023 / 06:56 WIB
Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah, Cek Obat Penurun Gula Darah Alami untuk Pasien Diabetes
ILUSTRASI. Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah, Cek Obat Penurun Gula Darah Alami untuk Pasien Diabetes


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah - Jakarta. Simak ciri-ciri ginjal bermasalah. Banyak penderita diabetes yang mengalami sakit ginjal akibat konsumsi obat-obatan. Selain dengan obat dokter, sejumlah makanan berikut bisa menjadi obat penurun gula darah tinggi secara alami.

Ciri-ciri ginjal bermasalah penting untuk diketahui. Apalagi, jika Anda atau anggota keluarga yang menderita diabetes. Pasalnya, penderita diabetes sering kali juga mengalami masalah pada ginjal.

Namun tidak semua ginjal bermasalah akibat diabetes. Ada faktor lain penyebab ginjal bermasalah.

Dilansir dari Kompas.com, WebMD menyebutkan 10 ciri-ciri ginjal bermasalah dan penyebabnya:

1. Merasa selalu lelah

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang pertama adalah merasa selalu lelah. Hal ini karena ginjal menyaring limbah/racun dari darah dan mengirimkannya melalui urin. Ketika ginjal tidak bekerja dengan benar, racun dapat menumpuk. Akibatnya seseorang merasa lelah, lemah, atau sulit berkonsentrasi.

Selain itu ginjal membuat hormon yang memberi tahu tubuh untuk membuat sel darah merah. Jika sel darah merah yang diproduksi berlebihan, darah tidak dapat memberikan oksigen sebanyak yang dibutuhkan otot dan otak.

Baca Juga: Simak 5 Obat Diabetes Alami yang Ampuh Menurunkan Gula Darah

2. Susah tidur

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang kedua adalah susah tidur. Studi menunjukkan kemungkinan hubungan antara sleep apnea dan penyakit ginjal kronis (CKD), yang seiring waktu merusak organ dan dapat menyebabkan gagal ginjal.

Sleep apnea dapat melukai ginjal dengan mencegah tubuh mendapatkan cukup oksigen. CKD pada gilirannya dapat menyebabkan sleep apnea dengan mempersempit tenggorokan, penumpukan racun, dan cara lainnya.

3. Kulit gatal atau ruam di sekujur tubuh

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang ketiga adalah kulit gatal atau ruam di seluruh tubuh. Jika ginjal tidak dapat membuang racun dan menumpuk di dalam darah, maka bisa menyebabkan ruam dan gatal di sekujur tubuh. Seiring waktu, ginjal mungkin tidak dapat menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam tubuh. Hal itu dapat menyebabkan penyakit mineral dan tulang, yang dapat membuat kulit kering dan gatal.

4. Wajah dan kaki bengkak

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang keempat adalah wajah dan kaki bengkak. Ketika ginjal tidak dapat membuang natrium dengan baik, cairan menumpuk di tubuh. Itu bisa menyebabkan tangan, kaki, pergelangan kaki, atau wajah bengkak (terutama kaki dan pergelangan kaki). Selain itu protein yang bocor dalam urin dapat muncul sebagai bengkak di sekitar mata.

5. Kram otot

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang kelima adalah kram otot. Kram di kaki atau bagian tubuh lainnya bisa menjadi tanda fungsi ginjal yang buruk. Ketidakseimbangan kadar natrium, kalsium, kalium, atau elektrolit lain dapat mengganggu cara kerja otot dan saraf.

6. Sesak napas

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang keenam adalah sesak napas. Ketika seseorang memiliki penyakit ginjal, organ tubuh tidak menghasilkan cukup hormon yang disebut eritropoietin, hormon memberi sinyal pada tubuh untuk membuat sel darah merah. Tanpa itu, seseorang bisa terkena anemia dan sesak napas. Penyebab lainnya adalah penumpukan cairan.

Seseorang mungkin kesulitan mengatur napas. Bahkan dalam kasus yang serius, hanya berbaring saja dapat membuat seseorang merasa seperti sedang tenggelam.

7. Kepala berkabut

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang ketujuh adalah kepala berkabut. Ketika ginjal tidak menyaring semua limbah dari tubuh, racun dapat mempengaruhi otak. Anemia juga dapat menghalangi otak dari oksigen yang dibutuhkan.

Mereka yang mengalaminya mungkin merasa pusing dan mengalami masalah dengan konsentrasi dan memori. Seseorang bahkan mungkin menjadi sangat bingung sehingga mengalami kesulitan dengan tugas-tugas sederhana.

8. Nafsu makan rendah

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang kedelapan adalah nafsu makan rendah. Penyakit ginjal dapat menyebabkan mual atau muntah dan sakit perut. Hal itu dapat membuat nafsu makan berkurang dan kadang-kadang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

9. Napas berbau

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang kesembilan adalah napas berbau. Ketika ginjal Anda tidak dapat menyaring limbah, dapat menyebabkan kondisi yang disebut uremia. Itu bisa membuat napas bau. Selain itu racun dalam aliran darah dapat membuat makanan terasa seperti logam atau tidak enak.

10. Urin berbusa, coklat, atau berdarah

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang ke-10 adalah urin berbusa, coklat atau berdarah. Kencing berbuih bisa menjadi tanda terlalu banyak protein yang disebut albumin. Itu bisa diakibatkan oleh masalah ginjal.

Begitu juga urin berwarna kecoklatan atau sangat pucat. Fungsi ginjal yang salah juga dapat menyebabkan darah bocor ke kandung kemih. Tapi darah dalam urin juga bisa disebabkan oleh batu ginjal, tumor, atau infeksi.

Obat penurun gula darah alami

Penderita diabetes perlu konsumsi obat penurun gula darah secara rutin. Selain itu, sejumlah makanan dan buah-buahan juga bisa menjadi obat penurun gula darah alami.

Dikutip dari The Health Site dan Healthline, berikut adalah beberapa obat penurun gula darah tinggi alami pada tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Cari Tahu yuk, Inilah Sederet Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

1. Buah naga

Obat penurun gula darah tinggi alami pada tubuh pertama adalah buah naga.  Buah naga mengandung nutrisi yang sangat berharga dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Beberapa kandungan nutrisi buah naga adalah vitamin C, magnesium dan zat besi. Semua nilai gizinya tersebut buah naga sangat baik untuk pengidap diabetes.  

2. Mengkudu

Obat penurun gula darah tinggi alami pada tubuh kedua adalah mengkudu. Mengkudu dapat menurunkan kadar glukosa darah karena mengandung flavonoid. 

Flavonoid memiliki efek hipoglikemik, sehingga baik untuk pengidap diabetes, terutama yang kadar gula darahnya sedang tinggi.  

3. Pare

Obat penurun gula darah tinggi alami pada tubuh ketiga adalah pare.  Pare memiliki kandungan yang dapat bertindak seperti insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah. 

Pare dapat menyebabkan lebih banyak glukosa masuk ke dalam sel, dan kemudian membantu tubuh memproses dan menyimpannya di hati, otot, dan lemak. 

4. Ikan tuna

Obat penurun gula darah tinggi alami pada tubuh keempat adalah ikan tuna. Makanan yang mengandung protein ini membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya. 

Protein tidak meningkatkan indeks glikemik, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya. 

5. Jahe

Obat penurun gula darah tinggi alami pada tubuh kelima adalah jahe. Jahe adalah salah satu makanan penurun gula darah yang patut dicoba. 

Sebagai bumbu makanan dan minuman sehat dan menghangatkan, jahe juga membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur produksi insulin.  

Jika memiliki keluhan kesehatan atau alergi dengan makanan tertenru, Anda juga bisa bertanya langsung pada dokter.

Itulah ciri-ciri ginjal bermasalah dan obat penurun gula darah tinggi alami pada tubuh. Segera hubungi dokter jika gula darah terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×