kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami yang Ampuh Dijadikan Alternatif


Jumat, 03 November 2023 / 14:03 WIB
8 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami yang Ampuh Dijadikan Alternatif
ILUSTRASI. Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami.


Penulis: Ryan Suherlan

Cara Menurunkan Gula Darah - Ada berbagai cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang ampuh dan cocok dijadikan alternatif. Selain itu, kebanyakan cara menurunkan gula darah tinggi secara alami mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Gula darah tinggi, atau yang dikenal dengan istilah hiperglikemia, adalah kondisi yang seringkali menjadi perhatian serius bagi penderita diabetes. 

Gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko komplikasi kesehatan jangka panjang, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, gangguan mata, dan gangguan saraf. Untungnya, ada beberapa cara alami yang dapat membantu menurunkan gula darah tinggi.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Jus Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Melansir dari Healthline, berikut beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami:

1. Pola Makan Sehat

Pola makan yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk mengendalikan gula darah tinggi. Konsumsilah makanan rendah karbohidrat sederhana, seperti gula dan tepung putih. Pilihlah makanan yang kaya serat, seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, dan buah-buahan segar. Hindari makanan tinggi gula, makanan olahan, dan minuman manis.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

2. Kendalikan Porsi Makan

Kendalikan ukuran porsi makan Anda. Terlalu banyak makan dalam satu waktu dapat membuat gula darah melonjak. Cobalah makan lebih sering dalam porsi kecil untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari.

3. Konsumsi Protein yang Sehat

Makanan tinggi protein sehat, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kedelai, dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil. Protein membantu memperlambat penyerapan karbohidrat, yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

4. Rutin Berolahraga

Olahraga secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol gula darah. Aktivitas fisik membantu sel-sel tubuh Anda menggunakan gula darah sebagai sumber energi dan meningkatkan sensitivitas insulin. Cobalah untuk berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau jenis olahraga lain yang Anda nikmati setidaknya 30 menit setiap hari.

5. Jaga Berat Badan Ideal

Kehilangan berat badan dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Terutama, jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, penurunan berat badan akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsi Daun Bidara

6. Minum Air yang Cukup

Dehidrasi dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Pastikan Anda cukup banyak minum air setiap hari. Minum air putih adalah pilihan terbaik. Hindari minuman manis atau beralkohol yang dapat memengaruhi gula darah.

7. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dapat mempengaruhi kadar gula darah. Cobalah untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Istirahat yang baik akan membantu tubuh Anda berfungsi dengan optimal.

Baca Juga: Simak Kadar Normal Asam Urat dan Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami

8. Konsumsi Herbal dan Suplemen

Beberapa herbal dan suplemen tertentu, seperti cinnamon (kayu manis), berpotensi membantu menurunkan gula darah. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi herbal atau suplemen, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda. Jika Anda memiliki gula darah tinggi atau diabetes, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk merancang rencana pengelolaan gula darah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan perubahan gaya hidup yang tepat, Anda dapat secara efektif mengurangi risiko komplikasi dan menjaga kadar gula darah tetap dalam rentang yang sehat secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×