kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Sayuran yang Jadi Pantangan Saat Diet, Bisa Gagalkan Upaya Turunkan Berat Badan


Jumat, 03 Maret 2023 / 03:48 WIB
7 Sayuran yang Jadi Pantangan Saat Diet, Bisa Gagalkan Upaya Turunkan Berat Badan
ILUSTRASI. Ssejumlah sayuran justru berpotensi mengagalkan upaya menurunkan berat.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Hati-hati jika Anda ingin diet atau menurunkan berat badan. Anda harus mengetahui sayuran apa saja yang terlarang untuk dikonsumsi. 

Karena biasanya, saat seseorang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, buah dan sayuran menjadi pilihan camilan sehat yang dapat dikonsumsi kapan pun. Sayuran merupakan makanan padat nutrisi yang baik bagi tubuh. 

Padahal, sejumlah sayuran justru berpotensi mengagalkan upaya menurunkan berat. Sebab, konsumsi beberapa sayuran secara rutin dapat menggeser jarum timbangan semakin ke arah kanan. 

Sebelum memulai program diet, pahami terlebih dahulu sayuran yang sebaiknya dihindari. 

Sayuran yang jadi pantangan saat diet 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftar sayuran yang perlu dihindari jika ingin menurunkan berat badan: 

1. Terong 

Meski enak dan mengenyangkan, terong bukanlah sayuran yang cocok disantap di tengah-tengah upaya menurunkan berat badan. Terong adalah sayuran rendah kalori. 

Kendati demikian, sayuran ini tak banyak mengandung protein dan sebagian besar kalori berasal dari gula. Belum lagi, terong umumnya tersaji sebagai hidangan yang diolah dengan minyak goreng dan penuh dengan garam. 

Padahal, terong memiliki tekstur kenyal yang memungkinkan untuk menyerap lemak dan garam lebih banyak daripada sayuran lain. 

Baca Juga: Bikin Asam Urat Naik, Ini Dampak Buruk Makan Tahu Berlebihan

2. Mentimun 

Saat diet, rasa lapar kerap menghantui dan mendorong keinginan untuk mengonsumsi makanan. Dikutip dari Reader's Digest, kondisi tersebut bisa jadi dipicu oleh konsumsi makanan yang tidak membuat rasa kenyang bertahan lama, seperti mentimun. 

Mentimun mengandung serat lebih rendah yang menyebabkan rasa lapar cenderung cepat datang. Untuk itu, sebaiknya tak menggantungkan konsumsi sayuran hanya pada mentimun saat diet karena berpotensi meningkatkan keinginan untuk makan camilan. 

Baca Juga: 5 Jenis Diet yang Efektif Menurunkan Kolesterol




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×