kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Teh Hijau yang Sudah Terbukti Menyehatkan


Kamis, 04 Mei 2023 / 18:25 WIB
7 Manfaat Teh Hijau yang Sudah Terbukti Menyehatkan
ILUSTRASI. Manfaat teh hijau yang cukup populer adalah bisa untuk diet atau menurunkan berat badan.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak sekali manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh. Karena khasiat teh hijau tersebut, pemanfaatannya untuk obat tradisional sudah digunakan sejak ribuan tahun silam di China.

Teh hijau kaya akan antioksidan. Di Indonesia, teh hijau pertama kali dibawa dan dikembangkan oleh pemerintah Kolonial Belanda. Budaya minum teh, termasuk teh hijau, akhirnya menjadi kebiasaan di Indonesia. 

Baca Juga: Moms, Kenali 4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Perkembangan Otak Anak

Di antara manfaat minum teh hijau yakni dapat membantu mendukung fungsi otak, menghilangkan lemak, membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, dan memberikan perlindungan terhadap kanker.

Teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman tersehat di Bumi yang mungkin memiliki banyak manfaat kesehatan potensial.

Lalu, apa saja manfaat teh hijau untuk kesehatan? 

Baca Juga: Bisa Cegah Kanker, Ini 6 Manfaat Kombucha Bagi Kesehatan, Tertarik Coba?

7 Manfaat teh hijau

Khasiat teh hijau lebih dari sekedar minuman yang menghidrasi.

Teh hijau adalah sejenis teh yang dalam prosesnya tidak mengalami fermentasi, namun mengalami proses pengeringan dan penguapan daun yang sedikit lebih lama dibandingkan teh lainnya.

Pada dasarnya, semua jenis teh mengandung antioksidan katekin alami. Kendati demikian, teh hijau lebih populer karena kandungan katekinnya lebih tinggi dibandingkan dengan teh hitam.

Berikut ini sederet manfaat teh hijau sebagaimana dilansir dari laman Healthline:

Baca Juga: 7 Perbedaan Matcha dan Green Tea, dari Rasa hingga Kandungannya

1. Mengandung senyawa bioaktif yang sehat

Khasiat teh hijau lebih dari sekedar minuman yang menghidrasi. Tanaman teh hijau mengandung berbagai senyawa sehat.

Teh hijau kaya akan polifenol, yaitu senyawa alami yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker.

Baca Juga: 7 Penyebab Alergi yang Jarang Diketahui

Selain itu, teh hijau mengandung katekin yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG). EGCG adalah salah satu senyawa paling kuat dalam teh hijau. 

Penelitian telah menguji kemampuannya untuk membantu mengobati berbagai penyakit. Sementara katekin adalah antioksidan alami yang membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lainnya untuk tubuh. 

Zat tersebut dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel dan molekul dari kerusakan. Radikal bebas ini berperan dalam penuaan dan banyak jenis penyakit.

Baca Juga: Selain Pedas, Simak 5 Manfaat Cabai Rawit yang Jarang Diketahui Orang

Selain itu, manfaat minum teh hijau juga kaya akan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Cobalah untuk memilih merek teh hijau dengan kualitas lebih tinggi. Sebab, beberapa merek teh hijau dengan kualitas lebih rendah dapat mengandung fluorida dalam jumlah berlebihan.

Meski demikian, meskipun Anda memilih merek dengan kualitas lebih rendah, manfaatnya tetap lebih besar daripada risikonya.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Membantu Meredakan Gejala Lupus

2. Dapat meningkatkan fungsi otak

Manfaat minum teh hijau dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Bahan aktif utama teh hijau adalah kafein, yang dikenal sebagai stimulan.

Meski kandungan kafein dalam teh hijau tidak sebanyak kopi, tetapi tetap berdampak pada tubuh. 

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Penderita Asam Urat, 14 Makanan & Minuman Ini Bisa Redakan Nyeri

Penelitian yang sudah banyak dilakukan menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk suasana hati, kewaspadaan, dan ingatan.

Namun, kafein bukan satu-satunya senyawa yang bermanfaat untuk otak dalam teh hijau. Teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine. 

L-theanine meningkatkan aktivitas neurotransmitter penghambat GABA, yang memiliki efek anti-kecemasan. Ini juga meningkatkan dopamin dan produksi gelombang alfa di otak.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Tinggi Bisa Picu Diabetes Kronis, Jauhi 11 Makanan & Minuman Ini

3. Bisa untuk diet 

Manfaat teh hijau yang cukup populer adalah bisa untuk diet atau menurunkan berat badan. Menurut penelitian, khasiat teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 10 pria sehat, mengonsumsi ekstrak teh hijau meningkatkan jumlah kalori yang dibakar hingga 4%. 

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Namun, beberapa penelitian tentang manfaat teh hijau ada yang tidak menunjukkan peningkatan metabolisme.

Jadi, efek manfaat teh hijau kemungkinan bergantung pada individu dan bagaimana penelitian tersebut dibuat.

Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan kinerja fisik dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak dan membuatnya tersedia untuk digunakan sebagai energi.

Baca Juga: Cicip Kopi Lokal di Togu Coffee Roastery

Manfaat minum teh hijau dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

4. Antioksidan dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Itu salah satu penyebab utama kematian terbanyak di dunia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kerusakan oksidatif dapat menyebabkan peradangan kronis, yang dapat menyebabkan penyakit kronis, termasuk kanker.

Antioksidan juga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga, Catat Ya!

Nah, manfaat teh hijau adalah sebagai sumber antioksidan kuat yang sangat baik. Penelitian telah mengaitkan senyawa teh hijau dengan penurunan risiko kanker, termasuk studi berikut: 

  • Kanker payudara: Tinjauan komprehensif dari studi observasional menemukan bahwa wanita yang paling banyak minum teh hijau memiliki risiko sekitar 20–30% lebih rendah terkena kanker payudara, salah satu kanker paling umum pada wanita.
  • Kanker prostat: Satu studi mengamati bahwa pria yang minum teh hijau memiliki risiko kanker prostat stadium lanjut yang lebih rendah.
  • Kanker kolorektal: Analisis terhadap 29 penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum teh hijau memiliki kemungkinan sekitar 42% lebih kecil untuk memicu kanker kolorektal.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kacang Panjang untuk Tubuh? Salah Satunya Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Banyak penelitian menunjukkan bahwa manfaat minum teh hijau membuat seseorang lebih kecil kemungkinannya untuk terkena beberapa jenis kanker, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian berkualitas tinggi untuk memastikan efek ini.

Untuk mendapatkan manfaat teh hijau untuk kesehatan, hindari menambahkan susu ke teh Anda. Beberapa penelitian menunjukkan hal itu dapat mengurangi nilai antioksidan pada beberapa teh.

Baca Juga: Layak Dicoba, 4 Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

5. Dapat melindungi otak dari penuaan

Khasiat teh hijau tidak hanya dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek, tetapi juga dapat melindungi otak seiring bertambahnya usia.

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang umum dan penyebab demensia paling umum pada orang dewasa yang lebih tua.

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif umum lainnya dan melibatkan kematian neuron penghasil dopamin di otak.

Baca Juga: 10 Bahan Alami yang Efektif Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

6. Dapat mengurangi bau mulut

Katekin dalam teh hijau juga memiliki manfaat untuk kesehatan mulut. Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa katekin dalam manfaat teh hijau dapat menekan pertumbuhan bakteri, berpotensi menurunkan risiko infeksi.

Streptococcus mutans adalah bakteri umum di mulut. Bakteri ini menyebabkan pembentukan plak dan merupakan penyebab utama gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Baca Juga: Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda, Ini 5 Manfaat Matcha untuk Kecantikan Kulit

7. Dapat membantu mencegah diabetes tipe 2

Manfaat teh hijau juga bisa membantu mencegah diabetes tipe 2. Jumlah penderita diabetes tipe 2 meningkat dalam beberapa dekade terakhir. 

Diabetes tipe 2 disebabkan peningkatan kadar gula darah karena resistensi insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin.

Studi menunjukkan bahwa manfaat minum teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda, Ini 5 Manfaat Matcha untuk Kecantikan Kulit

Satu studi pada orang Jepang menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau memiliki risiko diabetes tipe 2 sekitar 42% lebih rendah.

Menurut tinjauan dari 7 penelitian dengan total 286.701 orang, peminum teh hijau memiliki risiko diabetes 18% lebih rendah.

Nah, itulah sederet manfaat teh hijau bagi kesehatan yang luar biasa banyaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×