kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,89   4,58   0.50%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Simak!


Jumat, 03 November 2023 / 14:02 WIB
7 Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Simak!
ILUSTRASI. Manfaat kecombrang untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kecombrang - Ada berbagai manfaat kecombrang untuk kesehatan tubuh yang luar biasa. Tidak hanya itu, manfaat kecombrang untuk kesehatan juga telah teruji secara klinis.

Kecombrang, atau yang dikenal juga dengan nama bunga kantan atau bunga kecombrang, adalah tumbuhan yang banyak ditemukan di berbagai daerah tropis, terutama di Asia Tenggara. 

Kecombrang ini memiliki bunga yang unik dan menarik, serta memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat kecombrang untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Antioksidan

Kecombrang mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini dan risiko penyakit kronis. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti kecombrang, dapat membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Jus Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

2. Efek Antiinflamasi

Ekstrak kecombrang telah ditemukan memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Kecombrang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan dasar dari banyak penyakit kronis, seperti arthritis, penyakit jantung, dan penyakit autoimun. Mengkonsumsi kecombrang secara teratur dapat membantu meredakan gejala peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kecombrang mengandung vitamin C, vitamin A, dan berbagai senyawa lain yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk melawan infeksi dan penyakit. Dengan mengonsumsi kecombrang, Anda dapat membantu tubuh Anda lebih tahan terhadap serangan patogen dan infeksi.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kecombrang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa antioksidan dalam kecombrang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan mengendalikan tekanan darah. Selain itu, kecombrang juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

5. Mendukung Pencernaan

Kecombrang mengandung serat makanan yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mengurangi risiko kanker usus, dan menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. Selain itu, kecombrang juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri jahat dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsi Daun Bidara

6. Potensi Anti Kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak kecombrang mungkin memiliki potensi anti kanker. Senyawa-senyawa dalam kecombrang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi apoptosis (kematian sel) pada sel kanker tertentu. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami sepenuhnya efek kecombrang terhadap kanker.

Baca Juga: Simak Kadar Normal Asam Urat dan Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kecombrang juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Ekstrak kecombrang sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifat antioksidan dan antiinflamasi nya. Ini dapat membantu mengurangi peradangan kulit, mengatasi jerawat, dan meredakan iritasi kulit.

Dalam rangka mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari kecombrang, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk makanan, teh, atau suplemen. Namun, seperti halnya dengan makanan dan herbal lainnya, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengintegrasikan kecombrang ke dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang sudah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×