kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,99   7,35   0.79%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Jus Mangga Jika Rutin Dikonsumsi, Sudah Tahu?


Kamis, 29 Februari 2024 / 14:29 WIB
7 Manfaat Jus Mangga Jika Rutin Dikonsumsi, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Jus Mangga


Penulis: Ryan Suherlan

7 Manfaat Jus Mangga - Banyak manfaat jus mangga bagi kesehatan tubuh jika rutin dikonsumsi. Selain itu, mangga memang menyimpan segudang manfaat yang telah teruji khasiatnya.

Tidak hanya itu jus mangga juga memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi. Selain dijadikan jus, buah mangga juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman lainnya.

Melansir dari PharmEasy, Jus mangga mengandung banyak polifenol di dalamnya seperti asam ellagic, isoquercetin, beta-glucogallin, quercetin, gallotannins, mangiferin dan asam galat, yang mungkin menjadi alasan potensi manfaat kesehatan yang akan kita uraikan di depan.

Baca Juga: 8 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui, Yuk Catat!

Lantas apa saja manfaat jus mangga?

Berikut beberapa manfaat jus mangga, di antaranya:

Sumber Antioksidan

Mangga mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, dan senyawa fitokimia seperti karotenoid dan polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit.

Baca Juga: Apa Manfaat Kulit Manggis? Catat 6 Hal Ini

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam jus mangga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin A dalam mangga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dengan merangsang produksi kolagen dan melawan tanda-tanda penuaan dini. Ini juga membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polutan lingkungan.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Bisa Dilakukan dari Sekarang

Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A, zeaxanthin, dan lutein dalam mangga dapat mendukung kesehatan mata dengan melindungi retinal dari kerusakan dan mencegah penyakit mata terkait usia.

Membantu Pencernaan

Serat dalam mangga membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Jus mangga juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam sistem pencernaan.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, kalium, dan senyawa antioksidan dalam mangga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak

Mengatur Gula Darah

Meskipun manis, mangga memiliki indeks glikemik yang rendah dan kandungan serat yang membantu mengatur kadar gula darah. Ini bisa bermanfaat bagi orang yang memiliki diabetes atau yang berisiko mengembangkan kondisi tersebut.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun jus mangga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, konsumsi dalam jumlah yang berlebihan juga bisa mengandung banyak gula dan kalori tambahan. Idealnya, konsumsilah jus mangga secara terbatas dan sebagai bagian dari pola makan yang seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×