kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Makanan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan yang Wajib Dikonsumsi


Kamis, 29 Februari 2024 / 14:35 WIB
6 Makanan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan yang Wajib Dikonsumsi
ILUSTRASI. Makanan diet untuk menurunkan berat badan.


Penulis: Ryan Suherlan

Cara Diet Menurunkan Berat Badan - Ada beberapa makanan untuk diet menurunkan berat badan yang wajib dikonsumsi. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, beberapa jenis makanan juga baik bagi kesehatan tubuh.

Pasalnya, kebanyakan makanan untuk diet memiliki banyak nutrisi yang juga dibutuhkan oleh tubuh.

Melansir dari Healthline, mengonsumsi makanan kaya nutrisi, seperti protein tanpa lemak dan kacang-kacangan, dapat mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu Anda mengatur berat badan.

Baca Juga: 8 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui, Yuk Catat!

Makanan untuk diet menurunkan berat badan biasanya terdiri dari makanan rendah kalori namun kaya akan nutrisi. Tujuannya adalah untuk menciptakan defisit kalori, di mana jumlah kalori yang dikonsumsi lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh, sehingga menghasilkan penurunan berat badan. 

Berikut beberapa makanan untuk diet menurunkan berat badan, di antaranya:

Sayuran

Sayuran rendah kalori seperti brokoli, bayam, kale, kubis, dan mentimun kaya akan serat dan nutrisi penting. Mereka dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama tanpa menambah banyak kalori.

Baca Juga: Apa Manfaat Kulit Manggis? Catat 6 Hal Ini

Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, stroberi, blueberry, dan jeruk mengandung serat dan nutrisi penting lainnya serta memiliki kandungan gula alami yang lebih rendah daripada makanan olahan.

Protein tanpa lemak

Sumber protein rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit, ikan, daging sapi tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak membantu membangun dan memperbaiki otot, serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Bisa Dilakukan dari Sekarang

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks seperti oatmeal, quinoa, beras merah, dan ubi jalar memberikan energi yang stabil dan bertahan lama, sehingga membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Lemak sehat

Lemak sehat yang berasal dari sumber seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun penting untuk kesehatan jantung dan membantu menjaga perasaan kenyang.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak

Air

Minum cukup air sangat penting dalam diet penurunan berat badan. Air dapat membantu mengurangi nafsu makan dan membantu dalam proses pencernaan.

Selain memilih makanan yang tepat, penting juga untuk memperhatikan ukuran porsi dan frekuensi makan. Mengonsumsi makanan dalam porsi yang wajar dan makan secara teratur dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mempercepat proses penurunan berat badan. Selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter sebelum memulai diet baru untuk memastikan bahwa metode diet tersebut aman dan sesuai dengan kebutuhan individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×