kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

6 Makanan Sehat untuk Mencegah Obesitas Sejak Dini, Ada Yogurt hingga Sayuran Hijau


Selasa, 17 Oktober 2023 / 09:18 WIB
6 Makanan Sehat untuk Mencegah Obesitas Sejak Dini, Ada Yogurt hingga Sayuran Hijau
ILUSTRASI. 6 Makanan Sehat untuk Mencegah Obesitas Sejak Dini, Ada Yogurt hingga Sayuran Hijau


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali sederet makanan sehat untuk mencegah obesitas sejak dini. Konsumsi makanan sehat perlu diterapkan untuk menghindari adanya kelebihan berat badan termasuk obesitas.

Obesitas merupakan kondisi medis yang terjadi ketika tubuh mengalami penumpukan berlebihan lemak yang dapat membahayakan kesehatan.

Hal ini dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang dan meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, osteoartritis, dan beberapa jenis kanker.

Beberapa parameter yang digunakan untuk menentukan obesitas adalah indeks massa tubuh (IMT) dan lingkar pinggang.

IMT menghitung rasio berat badan terhadap tinggi badan, sedangkan lingkar pinggang memberikan gambaran lemak yang terakumulasi di sekitar pinggang.

Baca Juga: 6 Jus Buah dan Sayuran untuk Mencerahkan Kulit saat Dikonsumsi Rutin

Pencegahan obesitas lewat makanan

Almond vs Kacang Tanah

Sebagai upaya pencegahan, Anda perlu konsumsi makanan seimbang yang kaya serat, buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan olahan, makanan cepat saji, makanan tinggi lemak, gula, dan minuman manis. Kendalikan porsi makan dan perhatikan asupan kalori harian.

Lakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit per minggu, seperti jalan cepat, berlari, bersepeda, berenang, atau latihan kardiovaskular lainnya.

Anda bisa juga menggabungkan latihan kardiovaskular dengan latihan kekuatan untuk membangun otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, tidak lupaa minum air cukup sepanjang hari untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Terkadang rasa haus dapat diartikan sebagai rasa lapar, sehingga minum cukup air juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Berat Badan yang Paling Efektif, Apa Saja?

Nah, Anda perlu juga mencatat makanan untuk mencegah obesitas yang dirangkum dari laman Healthshots.

1. Sayuran hijau

Opsi pertama untuk makanan pencegah obesitas adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengatur berat badan.

Sayuran ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Studi pada jurnal PLOS Medicine ungkap bahwa peningkatan konsumsi sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas.

2. Buah beri

Anda bisa memilih beberapa jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry dalam upaya pencegahan obesitas.  Buah ini kaya akan antioksidan dan serat, yang dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa mengonsumsi buah beri dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas dan peningkatan sensitivitas insulin.

3. Kacang almond

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mete kaya akan protein, serat, dan lemak sehat, yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Menurut penelitian kacang almond dan sejenisnya dapat membantu Anda mencegah obesitas.

Anda juga dapat mengganti makanan pokok sehari-hari seperti mentega dan susu dengan selai kacang dan susu almond.

4. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan oat kaya akan serat, yang dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Makanan ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Konsumsi makanan berserat tinggi menjaga kesehatan usus dan juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini menyebabkan makan lebih sedikit dan menjaga berat badan yang sehat.

5. Kacang buncis

Selain itu, ada kacang-kacangan seperti lentil, buncis, dan kacang hitam kaya akan protein dan serat, yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Penelitian American Journal of Clinical Nutrition ungkap bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas. Kacang-kacangan kaya akan nutrisi dan dapat membantu mencegah obesitas.

6. Yogurt

Yogurt kaya akan protein dan kalsium, yang sekali lagi mengurangi keinginan Anda untuk makan berlebihan dan karenanya mengarah pada pencegahan obesitas. Ini juga mengandung probiotik, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus.

Nah, dengan konsumsi enam makanan ini ke dalam diet Anda dapat membantu mencegah obesitas dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk itu, menerapkan perubahan gaya hidup sehat dan konsisten dalam menjaga pola makan dan aktivitas fisik adalah kunci untuk mencegah obesitas dan mencapai berat badan yang sehat.

Apabila Anda memiliki kekhawatiran atau risiko tinggi terkait obesitas, konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan dan gizi.

Itulah sederet makanan sehat untuk mencegah obesitas sejak dini yang bisa dikonsumsi dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×