kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Makanan untuk Mencegah Sakit Gigi dan Mulut, Ada Yogurt hingga Cranberry


Senin, 16 Oktober 2023 / 09:23 WIB
Ini 7 Makanan untuk Mencegah Sakit Gigi dan Mulut, Ada Yogurt hingga Cranberry
ILUSTRASI. Ini 7 Makanan untuk Mencegah Sakit Gigi dan Mulut, Ada Yogurt hingga Cranberry


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Periksa daftar makanan untuk mencegah sakit gigi dan mulut. Konsumsi makanan sehat dan bergizi perlu dilakukan termasuk dalam memperhatikan kesehatan gigi.

Kesehatan gigi tentu berkaitan dengan gigi dan jaringan sekitarnya berfungsi dengan baik dan bebas dari penyakit serta masalah kesehatan. Kesehatan gigi mencakup berbagai aspek, termasuk kebersihan gigi, kondisi gusi, struktur gigi, dan fungsi mulut secara umum.

Hal ini juga terkait dengan memilih produk perawatan yang menjadi kunci utama untuk kesehatan gigi yang baik. Ini melibatkan sikat gigi secara teratur, penggunaan benang gigi, dan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi.

Beberapa penyakit gigi dan mulut perlu pencegahan dengan menghindari konsumsi makanan dan minuman manis berlebihan. Pastikan memilih pasta gigi terbaik dengan fluoridasi untuk memperkuat enamel gigi.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bikin Gigi Lebih Sehat dan Kuat

Makanan untuk mencegah sakit gigi dan mulut

Daftar makanan untuk mencegah sakit gigi dan mulut

Tak hanya gigi, kesehatan gusi penting untuk mencegah penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis. Ini melibatkan membersihkan area gusi dengan baik, menghindari kebiasaan merokok, dan memantau tanda-tanda peradangan atau pendarahan pada gusi.

Untuk mewujudkan gigi dan mulut yang sehat, Anda perlu konsumsi makanan pendukung dalam pencegahan penyakit gigi.

Ada beberapa daftar makanan yang bisa mendukung gigi sehat, mulut yang tetap bersih, hingga produksi air liur yang baik.

Simak daftar makanan untuk mencegah sakit gigi dan mulut yang wajib Anda catat dilansir dari laman Surbiton Dental.

Baca Juga: 13 Penyebab Gula Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Gejala, dan Cara Mengatasinya

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon liar, tuna, herring Atlantik, dan mackerel adalah sumber minyak ikan Omega 3 dan Vitamin D yang baik. Semakin Anda menjaga pola makan yang sehat, semakin kecil kemungkinan gigi Anda membusuk atau membusuk.

Produk ikan dan daging menempati peringkat tinggi dalam daftar ini karena memberikan nutrisi untuk memperkuat tulang serta melindungi terhadap penyakit gigi.

2. Sayuran segar

Sayuran renyah baik untuk gigi Anda, dan Anda harus memakannya sesering mungkin. Konsumsi makanan keras ini akan membantu menghilangkan partikel makanan dan bakteri sekaligus merangsang aliran air liur yang membantu membersihkan setiap permukaan gigi.

Sayuran segar renyah ini biasanya mengandung beberapa mineral dan vitamin terpenting yang dibutuhkan untuk kesehatan mulut.      

Sifat renyah seledri paling mirip dengan benang gigi alami dan terbukti efektif untuk membersihkan gigi. Ada juga Wortel yang kaya akan nutrisi yang membantu melawan gigi berlubang.

3. Cranberry

Cranberry adalah salah satu buah paling populer dan sehat. Buah ini memiliki banyak kesamaan dengan teh, mengandung polifenol yang membantu melawan penumpukan plak pada gigi.

Buah Cranberry segar bekerja paling baik dalam mengganggu proses ini, tetapi berhati-hatilah untuk memeriksa label gula tambahan jika Anda membeli yang kering karena dapat merusak email gigi Anda.

4. Stroberi

Stroberi mengandung asam malat yang terbukti memutihkan gigi secara alami karena dimetabolisme oleh bakteri mulut.  Asam yang sama juga meningkatkan produksi air liur pada orang dengan mulut kering, melindungi terhadap kerusakan gigi karena membersihkan sisa-sisa makanan dari permukaan mulut.

Pastikan Anda banyak mengonsumsi buah-buahan segar seperti apel, pir, stroberi, dan nanas untuk kesehatan gusi sekaligus menjaga senyum lebih putih.

5. Air putih

Air minum tidak hanya membantu menjaga gigi tetap sehat tetapi juga melindungi gigi dari gigi berlubang. Fluorida dalam air minum disebut-sebut sebagai pembasmi rongga alami.

Ini bisa menjadi cara yang mudah dan bermanfaat untuk membantu mencegah gigi berlubang, dan bahkan dapat memberikan manfaat lebih dari itu. 

Air tidak hanya membersihkan partikel makanan dari lidah untuk mencegah bau mulut tetapi juga menjaga kadar air liur tetap tinggi sehingga mencegah sindrom mulut kering. Masalah dengan minuman manis adalah dapat merusak gigi dan membuat berat badan bertambah.

5. Kacang-kacangan

Kacang mete, almond, dan kacang brazil adalah jenis kacang yang paling bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab kerusakan gigi. Kacang mengandung kalsium D yang membantu kesehatan gigi dan gusi. Kacang juga menawarkan banyak manfaat lain seperti vitamin D, E, B6, zat besi dan seng.

Misalnya saja, kacang tanah mengandung kalsium dalam jumlah yang baik sehingga dapat mencegah hilangnya email gigi akibat erosi asam.

Hal ini berkaitan dengan konsumsi gula atau menyikat gigi secara berlebihan tanpa asupan air yang cukup yang bisa merusak gusi.

6. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium dan elemen penting lainnya yang dapat memperkuat tulang dan mencegah sakit gigi dan mulut.

Selain itu, yoghurt juga mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan mulut bahkan meredakan bau mulut dengan efek penghilang bau alaminya. 

7. Buah Apel dan Pir

Studi menunjukkan bahwa mengunyah makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran dapat merangsang produksi air liur yang membantu menetralkan asam-asam berbahaya dari makanan sehari-hari.

Tidak terkecuali apel Anda dapat mengunyahnya sesering satu kali dalam satu jam (pastikan apel tersebut tidak terlalu berair atau manis).

Untuk buah yang sehat, Anda bisa memilih buah pir yang lezat. Baik Apel maupun Pir bisa menyegarkan dan mengenyangkan dengan kandungan airnya yang tinggi yang mengencerkan gula dari gula buah alami untuk menjadikannya pilihan camilan atau hidangan penutup yang sangat baik. 

Itulah beberapa makanan untuk mencegah sakit gigi dan mulut yang bisa dikonsumsi sesuai selera Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×