kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,57   -7,97   -0.88%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ragam Obat Sakit Gigi dari Bahan Alami & Kimia, Cek Daftarnya


Senin, 24 April 2023 / 10:53 WIB
Ragam Obat Sakit Gigi dari Bahan Alami & Kimia, Cek Daftarnya
ILUSTRASI. Obat sakit gigi alami antara lain cengkeh, cuka sari apel, bawang putih, minyak kelapa dll


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat sakit gigi untuk anak-anak dan orang dewasa bisa diperoleh di apotek. Selain itu, sejumlah bahan alami bisa menjadi obat sakit.

Obat sakit gigi dari bahan alami bisa menjadi solusi alternatif yang ampuh. Selain itu, obat sakit gigi dari bahan alami juga bisa bermanfaat dalam kondisi darurat saat tidak bisa ke dokter.

Pasalnya, bahan alami untuk obat sakit gigi ini mudah didapatkan. Sejumlah bahan dan bumbu makanan di dapur bisa menjadi obat alami sakit gigi. 

Apa saja obat sakit gigi alami yang ampuh untuk anak-anak dan dewasa?

Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com, obat alami untuk mengobati sakit gigi yang bisa Anda coba di rumah antara lain:

Baca Juga: 5 Obat Sakit Kepala Alami yang Ampuh dan Aman Untuk Dikonsumsi

1. Cengkeh

Obat alami sakit gigi yang pertama adalah cengkeh. Mengutip Everyday Health, cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami. Herbal ini sering menjadi bahan dalam pengobatan tradisional China dan India, di mana telah digunakan selama berabad-abad untuk segala macam sakit dan nyeri.

Jika Anda menderita sakit gigi, Anda dapat menggunakan cengkih kering sebagai obat alami yang efektif. Cengkeh kering bisa Anda tempatkan di antara gigi yang sakit dan pipi.

Alternatifnya, Anda bisa mencelupkan kapas ke dalam campuran beberapa tetes minyak cengkeh dan sedikit minyak zaitun. Kemudian, posisikan kapas yang sudah berminyak itu ke gigi yang sakit. Namun, campuran minyak cengkeh ini memiliki rasa yang tidak enak.

Disarankan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter gigi Anda dahulu sebelum melakukannya. Penggunaan minyak cengkeh tidak cocok untuk ibu hamil.

2. Bawang putih

Obat alami sakit gigi yang kedua adalah bawang putih. Mengutip Healthline, bawang putih selama ribuan tahun telah digunakan untuk pengobatan. Bumbu dapur ini memiliki sifat antibakteri. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya penyebab plak gigi, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan bawang putih pada sakit gigi, Anda bisa menghancurkan siung bawang putih untuk membuat pasta dan mengoleskan ke area yang sakit. Alternatifnya, Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan sebagai obat alami sakit gigi.

Namun Anda perlu hati-hati menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi. Mengutip Verywell Health, dalam laporan kasus yang diterbitkan di Primary Dental Journal, penggunaan bawang putih mentah yang dioleskan ke kulit untuk sakit gigi mengakibatkan luka bakar kimiawi yang signifikan di wajah.

Siung bawang putih mentah yang dihancurkan dibiarkan di mulut semalaman mengakibatkan luka bakar bawang putih (pengelupasan kulit dan bisul), menurut laporan kasus lain.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×