kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,81   9,46   1.02%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Vanila untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui


Selasa, 16 Mei 2023 / 11:20 WIB
5 Manfaat Vanila untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat vanila untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Meski tidak terlalu populer, ada berbagai manfaat vanila untuk kesehatan tubuh yang wajib diketahui. Selain itu, manfaat vanila untuk kesehatan juga tidak perlu diragukan karena telah teruji klinis.

Bahkan, vanila juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, manfaat vanila untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam vanila di antaranya seperti protein, karbohidrat, kalium, magnesium, kalsium dan lain-lain.

Baca Juga: 8 Manfaaf Buah Jambu Air Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Selain itu, vanila juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Lalu apa saja manfaat vanila untuk kesehatan? 

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat vanila untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Salah satu manfaat vanila untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik adalah banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sehingga mengkonsumsi ekstrak vanila sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Coba 5 Obat Diabetes Alami yang Ampuh dan Aman Untuk Dikonsumsi

2. Mengandung Banyak Antioksidan

Selain itu, vanila juga mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Banyaknya kandungan antioksidan dalam vanila mampu mencegah radikal bebas dan melindungi kerusakan sel-sel dalam tubuh.

3. Mengandung Banyak Antiinflamasi

Selain mengandung banyak antioksidan, vanila juga memilisi sifat antiinflamasi. Banyaknya kandungan antiinflamasi mampu mencegah perdangan kronis yang telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, termasuk peningkatan risiko penyakit kronis.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan senyawa antiinflamasi dapat mengurangi penanda inflamasi di tubuh Anda dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

4. Menjaga Kesehatan Otak 

Tidak berhenti disitu, vanila juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan nutrisi dalam vanila memiliki sifat neuroprotektif yang artinya dapat melindungi sistem saraf Anda.

Misalnya, sebuah studi tahun 2021 menyelidiki efek neuroprotektif dari vanila pada tikus yang disuntik dengan racun saraf zat yang dapat membahayakan sistem saraf.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Pantangan Asam Urat yang Membahayakan Kesehatan

5. Mengontrol Kadar Gula Darah 

Manfaat vanila untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga, mengkonsumsi ekstrak vanila atau bubuk vanila dalam makanan dan minuman dapat membantu mengurangi asupan gula tambahan.

Sebuah studi tahun 2020 yang melibatkan 129 dewasa muda menemukan bahwa menambahkan aroma vanila ke minuman manis meningkatkan rasa manis yang mereka rasakan.

Demikian beberapa manfaat vanila untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×