kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaaf Buah Jambu Air Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin


Selasa, 16 Mei 2023 / 10:42 WIB
8 Manfaaf Buah Jambu Air Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin
ILUSTRASI. Manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah jambu air untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Bahkan, manfaat buah jambu air juga telah teruji oleh berbagai uji klinis.

Selain itu, manfaat buah jambu air untuk kesehatan juga tak perlu diragukan karena sudah banyak berbagai uji klinis yang dilakukan.

Beragam manfaat buah jambu air untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi melimpah di dalamnya.

Baca Juga: Coba 5 Obat Diabetes Alami yang Ampuh dan Aman Untuk Dikonsumsi

Kandung nutrisi yang terkandung dalam buah jambu air contohnya seperti vitamin C, protein, serat, kalsium, kalium, fosfor dan masih banyak lagi nutrisi yang penting untuk tubuh lainnya.

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, buah jambu air juga memiliki rasa asam manis yang enak dan menyegarkan saat dikonsumsi. Bahkan, buah jambu air mengandung banyak air sehingga cocok dikonsumsi sebelum atau sesudah berolahraga.

Lalu apa saja manfaat buah jambu air untuk kesehatan?

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Berikut ada beberapa manfaat buah jambu air untuk kesehatan, di antaranya:

1. Melawan Radikal Bebas

Dilansir dari Healthline, salah satu manfaat buah jambu air di antaranya mampu melawan dan menangkal berbagai radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan buah jambu air mengandung banyak vitamin C dan senyawa fenolik yang kerap disebut flavonoid.

Senyawa yang terkandung dalam buah jambu air tersebut mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung, kanker, radang sendi dan lain-lain.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Pantangan Asam Urat yang Membahayakan Kesehatan

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah jambu air juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, kandungan vitamin C dalam buah jambu air mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan fungsinya.

3. Mengurangi Risiko Stroke

Mengkonsumsi buah jambu air secara rutin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke. Selain itu, buah jambu air juga mampu menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti peradangan, kerusakan oksidatif, kesehatan jantung, aterosklerosis, tekanan darah, dan kesehatan endotel.

Baca Juga: Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan, Ada 5 Hal yang Perlu Diketahui

4. Meningkatkan Kolesterol Baik

Buah jambu air merupakan sumber niasin yang mengatur sintesis kolesterol dalam sistem. Senyawa tersebut mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL baik, mengurangi jumlah trigliserida berbahaya dan kolesterol LDL jahat dalam darah.

5. Meningkatkan Metabolisme

Dilansir dari Pharmeasy, mengkonsumsi buah jambu air dalam teratur dapat membantu mempercepat asimilasi karbohidrat, lemak dan protein dalam makanan. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan, metabolisme yang tepat, dan membantu menjaga berat badan yang optimal.

Baca Juga: Rendah Lemak, Ini 5 Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain itu, mengkonsumsi buah jambu air juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, buah jambu air megandung serat yang efektif mencegah sembelit. Selain itu, serat dalam buah jambu air juga bisa dikonsumsi saat diet dan mencegah diabetes.

7. Menyembuhkan Kram Otot

Dilansir dari Healthline, buah jambu air memiliki jumlah kalium dan air yang mampu meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi kram otot yang sering disebabkan oleh rendahnya kadar kalium, natrium dan dehidrasi.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan, Membantu Menurunkan Berat Badan

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah jambu air selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, buah jambu air mengandung air dan mineral yang tinggi. Hal tersebut mampu melembapkan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×