kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Susu untuk Ibu Hamil dan Cara Memilihnya


Kamis, 05 Oktober 2023 / 09:43 WIB
5 Manfaat Susu untuk Ibu Hamil dan Cara Memilihnya
ILUSTRASI. 5 Manfaat Susu untuk Ibu Hamil dan Cara Memilihnya. dok/Abbott Nutrition Malaysia


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak sederet manfaat susu untuk ibu hamil yang penting untuk janin. Selain itu, ibu hamil memerlukan susu yang cocok baik dari komposisi dan kesterilan produknya.

Kehamilan adalah periode yang penting dalam hidup seorang wanita di mana nutrisi yang tepat sangatlah krusial, bukan hanya untuk kesehatan ibu, tetapi juga untuk perkembangan bayi yang sedang tumbuh.

Salah satu nutrisi yang sangat penting selama kehamilan adalah susu dan produk susu. Susu merupakan sumber nutrisi yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama selama fase kehamilan.

Seorang ibu hamil harus minum susu dan produk susu lainnya secukupnya karena dapat menyebabkan kembung dan masalah perut.

Baca Juga: Luar Biasa, Ini 4 Manfaat Kurma Muda untuk Promil hingga Ibu Menyusui

Target penurunan stunting sejak kehamilan

Selama hamil, seorang wanita bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya dengan meminum tiga cangkir susu setiap hari.  Namun, jika bukan susu sapi, ia harus menghitung jumlah nutrisinya dan menyesuaikan asupannya.

Seberapa penting susu untuk ibu hamil?

Ya, konsumsi susu atau produk susu yang kaya akan nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin D, dan zat besi sangat penting bagi ibu hamil. Inilah mengapa susu dan produk susu sering direkomendasikan sebagai bagian dari pola makan yang sehat selama kehamilan.

Berikut adalah alasan mengapa susu penting selama kehamilan:

  • Kalsium untuk Kesehatan Tulang dan Gigi: Kalsium sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi bayi yang sedang berkembang. Selama kehamilan, kebutuhan kalsium meningkat, dan susu adalah salah satu sumber utama kalsium.
  • Protein untuk Pertumbuhan Jaringan: Protein adalah nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan pada bayi. Susu mengandung protein tinggi yang membantu memenuhi kebutuhan protein selama kehamilan.
  • Vitamin D untuk Penyerapan Kalsium: Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium yang efektif. Produk susu, terutama yang diperkaya dengan vitamin D, membantu memastikan tubuh memanfaatkan kalsium dengan baik.
  • Zat Besi untuk Mencegah Anemia: Susu mengandung zat besi, yang penting untuk mencegah dan mengatasi anemia, suatu kondisi yang umum terjadi selama kehamilan.
  • Asam Lemak Omega-3: Beberapa jenis susu khusus untuk ibu hamil mengandung asam lemak omega-3, yang baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi.
  • Energi Tambahan: Kandungan energi (kalori) dalam susu dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori tambahan yang diperlukan selama kehamilan.

Untuk itu, ada beberapa manfaat konsumsi susu saat masa mengandung janin yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan dan Baik Bagi Ibu Hamil

Simak sederet manfaat susu untuk ibu hamil yang bisa jadi asupan nutrisi penting baru dirangkum dari laman Mylo Family.

Manfaat susu untuk ibu hamil

Berikut beberapa manfaat minum susu saat hamil yang tentunya berdampak pada kesehatan janin.

1. Peningkatan asupan kalsium

Susu kaya akan kalsium yang penting untuk perkembangan janin dan menjaga kepadatan tulang ibu. Sumber kalsium yang mudah dikonsumi ibu hamil salah satunya adalah susu, terlebih apabila ibu tidak bisa konsumsi daging merah.

2. Sumber mineral yang baik

Nah, selain itu, susu untuk ibu hamil mengandung mineral seperti fosfor, magnesium, selenium, potasium, dan seng yang penting bagi kesehatan ibu dan janin.

3. Sumber vitamin yang baik

Susu mengandung vitamin yang larut dalam air seperti Vitamin B1, B2, dan B12, serta vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K, yang penting untuk perkembangan janin.

4. Berat badan lahir sehat

Vitamin D yang ada dalam susu penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan berat badan lahir yang sehat. Susu juga merupakan sumber protein yang penting untuk tumbuh kembang janin.

5. Efek anti sakit maag

Kandungan kalsium dan protein susu yang tinggi bertindak sebagai antasida, meredakan sakit maag dan masalah perut lainnya yang sering terjadi selama kehamilan.

Pilih susu mentah atau susu pasteurisasi?

Selama kehamilan, minum susu mentah (tidak dipasteurisasi) atau makan apa pun yang terbuat dari susu mentah tidak aman, termasuk yoghurt, keju lunak, dan es krim, yang berlaku untuk susu dari hewan apa pun, termasuk sapi, domba, dan kambing.

Selama pasteurisasi, susu dipanaskan hingga suhu tinggi untuk membunuh mikroorganisme berbahaya. Namun, karena susu mentah tidak disanitasi dengan cara ini, susu tersebut dapat mengandung patogen berbahaya seperti E. coli, Salmonella, dan Toksoplasma.

Salah satu yang paling memprihatinkan adalah Listeria, yang dapat menyebabkan listeriosis, suatu infeksi.

Wanita hamil sangat rentan terhadap Listeria, penyebab utama keracunan makanan yang fatal. Selain itu, persalinan prematur, lahir mati, dan listeriosis berpotensi berakibat fatal bagi bayi baru lahir.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum susu pasteurisasi hanya selama kehamilan, ataupun dengan susu khusus ibu hamil.

Demikian informasi terkait manfaat susu untuk ibu hamil beserta cara memilihnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×