kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi


Kamis, 16 Maret 2023 / 13:54 WIB
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi
ILUSTRASI. Makanan berserat dan mengandung protein baik dikonsumsi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita diabetes dan tekanan darah tinggi disarankan melakukan diet sehat dan seimbang. Ini makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan tekanan darah tinggi. 

Penderita diabetes dua kali lebih mungkin mengembangkan tekanan darah tinggi. Perlu Anda ketahui, tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Selain Wortel, Ini Makanan yang Bermanfaat Menjaga Kesehatan Mata

Jika Anda menderita diabetes sekaligus tekanan darah tinggi sebaiknya menjalankan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik. 

Mengutip dari Live Strong, Jo-Anne Rizzotto, RDN dan Direktur layanan pendidikan Pusat Diabetes Joslin Harvard merekomendasikan diet DASH untuk penderita diabetes sekaligus tekanan darah tinggi. 

Salah satu komponen terpenting dari diet DASH adalah mengurangi asupan natrium, garam yang menyebabkan tubuh menahan air yang bisa meningkatkan tekanan darah. 

Berikut makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan tekanan darah tinggi: 

1. Buah dan sayur 

Buah dan sayur memberikan tubuh banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. 

Sayuran hijau, oranye, dan merah yang kaya warna merupakan pilihan yang baik karena mengandung banyak potasium dan mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. 

The American Diabetes Association merekomendasikan sayuran nonstarki seperti brokoli, asparagus, kembang kol, dan salad hijau karena rendah gula dan pati. 

Selain itu, kandungan serat dalam sayur dan buah tersebut bermanfaat memperlambat tubuh mencerna makanan menjadi glukosa sehingga mencegah lonjakan gula darah. 

Mayo Clinic mencatatkan serat makanan terutama serat larut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah yang bisa menurunkan tekanan darah dan peradangan. 

2. Susu rendah lemak 

Makanan kaya kalsium seperti susu rendah lemak dan yogurt bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa produk susu tanpa lemak bisa meningkatkan kadar gula darah bagi sebagian orang karena kurangnya lemak makanan yang bisa mempercepat metabolisme. 

"Minum secangkir susu skim mungkin tidak memengaruhi kadar gula darah, Itu sangat tergantung pada makanan yang menyusun sisa makanan," kata Schrager,RDN, pendidik diabetes bersertifikat di Pusat Diabetes Joslin. 

3. Protein lean 

Meningkatkan asupan protein sebenarnya bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

Makanan berprotein tinggi seperti daging, unggas, makanan laut, dan tahu semuanya bebas karbohidrat dan aman untuk penderita diabetes. 

Namun, Anda harus memilih potongan yang hendak dimasak dan dikonsumsi. Usahakan Anda memilih daging tanpa menyertakan kulitnya untuk menghindari naiknya kadar kolesterol tinggi. 

4. Kacang dan biji 

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan pilihan makanan yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi dan diabetes. 

Makanan tinggi protein dan lemak sehat ini rendah karbohidrat, namun tetap mengeyangkan dan bergizi. 

Perlu Anda ketahui, kacang dan biji-bijian mengandung mineral yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

5. Biji utuh 

Biji-bijian dihubungkan dengan tekanan darah yang lebih rendah. Selain itu, serat dalam biji utuh memperlambat pencernaan makanan yag membantu menjaga gula darah tetap stabil. 

Baca Juga: 2 Teh Ini Bermanfaat Menurunkan Gula Darah dan Tekanan Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×