3 Cara menghilangkan lemak perut secara alami, selain olahraga

Selasa, 28 September 2021 | 11:51 WIB Sumber: Kompas.com
3 Cara menghilangkan lemak perut secara alami, selain olahraga

ILUSTRASI. Cara menghilangkan lemak perut secara alami, selain olahraga.

KONTAN.CO.ID - Cara menghilangkan lemak perut bisa Anda lakukan secara alami. Mungkin mengejutkan bagi Anda, ternyata setiap orang sebenarnya memiliki lemak perut, bahkan orang yang memiliki perut rata. 

Mengutip Medical News Today, keberadaan lemak perut adalah sesuatu yang normal. Tetapi, jika terlalu banyak, lemak perut bisa memengaruhi kesehatan Anda dengan cara yang tidak lemak lainnya lakukan. 

Beberapa lemak perut Anda berada tepat di bawah kulit. Sedangkan lemak lainnya bisa berada lebih dalam, yakni di sekitar jantung, paru-paru, hati, maupun organ lainnya. 

Lemak yang berada mengelilingi organ di perut ini dikenal juga sebagai lemak "visceral". Keberadaan lemak ini bisa menjadi masalah besar, bahkan untuk orang kurus. 

Baca Juga: 4 Manfaat daun murbei bagi kesehatan, bisa menurunkan gula darah

Melansir Healthline, Anda sebenarnya membutuhkan lemak visceral. Lemak ini bisa memberikan bantalan di sekitar organ. 

Tetapi, jika memiliki terlalu banyak lemak visceral, Anda lebih mungkin terkena tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, dan kanker tertentu, termasuk kanker payudara dan kanker usus besar. 

Lemak visceral bisa melepaskan banyak zat atau hormon yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan tersebut. Oleh sebab itu, lemak visceral kadang-kadang disebut juga sebagai lemak aktif. 

Merangkum WebMD, sedikitnya ada tiga kunci yang perlu Anda perhatikan untuk bisa mengendalikan lemak perut di tubuh secara alami, selain olahraga:

Baca Juga: Terbukti ilmiah, begini 5 cara menurunkan berat badan

1. Lakukan diet sehat 

Tidak ada diet atau pengaturan pola makan yang seketika bisa menghilangkan lemak perut. Anda perlu melakukan diet sehat untuk menurunkan lemak perut secara bertahap. 

Ketika Anda berhasil menurunkan berat badan dengan diet apa pun, lemak perut biasanya menjadi yang pertama berkurang. Mendapatkan cukup serat dapat membantu mencapai tujuan ini. 

Penelitian Hairston menunjukkan, orang-orang yang makan 10 gram serat larut per hari tanpa perubahan pola makan lainnya, ditemukan membangun lebih sedikit lemak visceral dari waktu ke waktu daripada yang lain. 

Aksi diet bisa Anda lakukan sesederhana makan dua apel kecil, secangkir kacang hijau, atau setengah cangkir kacang pinto. 

“Bahkan, jika Anda tetap menjaga semuanya tetap sama tetapi beralih ke roti berserat lebih tinggi, Anda mungkin dapat mempertahankan berat badan dengan lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Hairston. 

Baca Juga: 9 Cara mudah mengecilkan perut buncit pada wanita, ayo dicoba

2. Cukupi kebutuhan tidur 

Mendapatkan jumlah tidur yang tepat diyakini bisa membantu sebagai bagain dari cara menghilangkan lemak perut. 

Dalam sebuah penelitian, orang yang tidur 6 hingga 7 jam per malam mendapatkan lebih sedikit lemak visceral selama 5 tahun dibandingkan dengan mereka yang tidur 5 jam atau lebih sedikit per malam atau 8 jam atau lebih per malam. 

3. Manajemen stres 

Setiap orang bisa saja mengalami stres, termasuk Anda. Jika Anda mengalaminya, penting untuk dapat ditangani. 

Hal-hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres, termasuk bersantai dengan teman dan keluarga, bermeditasi, berolahraga untuk mengeluarkan tenaga, dan mendapatkan konseling. 

Berbagai hal itu diyakini bisa membuat Anda lebih sehat dan lebih siap untuk membuat pilihan yang baik untuk diri sendiri. 

"Jika Anda hanya bisa meluangkan waktu untuk melakukan salah satu dari hal-hal ini, olahraga mungkin memiliki manfaat yang paling cepat, karena dapat mengurangi obesitas dan stres," kata Carol Shively, profesor kedokteran komparatif patologi di Wake Forest School of Medicine, AS. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Menghilangkan Lemak Perut Saran Ahli"

Penulis: Irawan Sapto Adhi
Editor: Irawan Sapto Adhi

Selanjutnya: 5 Manfaat nangka bagi kesehatan, bisa menurunkan risiko diabetes

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru