4 Manfaat daun murbei bagi kesehatan, bisa menurunkan gula darah

Senin, 27 September 2021 | 12:46 WIB Sumber: Kompas.com
4 Manfaat daun murbei bagi kesehatan, bisa menurunkan gula darah

ILUSTRASI. Manfaat daun murbei bagi kesehatan, bisa menurunkan gula darah

KONTAN.CO.ID - Pohon murbei menghasilkan buah beri beraroma yang sering dianggap sebagai makanan super. Daun murbei juga memiliki manfaat bagi kesehatan, termasuk menurunkan gula darah.

Selama berabad-abad, daun murbei telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi. 

Melansir Healthline, daun muberi sarat dengan senyawa tanaman yang kuat, seperti antioksidan polifenol, vitamin C, seng, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, dan magnesium. 

Berikut beberapa manfaat daun murberi bagi kesehatan: 

Baca Juga: 5 Manfaat nangka bagi kesehatan, bisa menurunkan risiko diabetes

1. Menurunkan gula darah dan insulin 

Daun murbei menyediakan beberapa senyawa yang bisa membantu memerangi diabetes. Ini termasuk 1-deoxynojirimycin (DNJ), yang mencegah penyerapan karbohidrat di usus Anda. 

Secara khusus, daun ini dapat mengurangi kadar gula darah dan insulin yang tinggi, hormon yang mengatur kadar gula darah. 

Dalam sebuah penelitian, 37 orang dewasa menelan maltodekstrin, bubuk bertepung yang dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Mereka kemudian diberi ekstrak daun murbei yang mengandung 5 persen DNJ.

Mereka yang mengonsumsi 250 atau 500 mg ekstrak mengalami penurunan kadar gula darah dan insulin secara signifikan lebih tinggi.
 
Selain itu, dalam studi tiga bulan, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 1.000 mg ekstrak daun murbei tiga kali sehari dengan makanan mengalami penurunan kadar gula darah secara signifikan setelah makan. 

Baca Juga: 5 Cara mudah menurunkan gula darah secara alami, apa saja?

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru