5 Cara mudah menurunkan gula darah secara alami, apa saja?

Kamis, 23 September 2021 | 11:53 WIB Sumber: Healthline
5 Cara mudah menurunkan gula darah secara alami, apa saja?

ILUSTRASI. Meningkatkan asupan serat bisa jadi salah satu cara mudah menurunkan gula darah secara alami.

KONTAN.CO.ID - Saat tubuh Anda tidak cukup atau secara efektif menggunakan insulin, maka gula darah tinggi bisa terjadi. Nah, berikut ini cara mudah menurunkan gula darah secara alami. 

Insulin adalah hormon yang mengatur glukosa darah dan membantu memasuki sel-sel Anda untuk energi. Gula darah tinggi atau hiperglikemia dikaitkan dengan diabetes.  

Dan, berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), Indonesia berstatus waspada diabetes karena menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi.  

Prevalensi pasien pengidap diabetes di Indonesia mencapai 6,2%. Yang artinya, ada lebih dari 10,8 juta orang menderita diabetes pada 2020 lalu. 

Nah, berikut 5 cara mudah menurunkan kadar gula darah secara alami, mengutip Healthline

Baca Juga: Catat, ini batas konsumsi gula per hari bagi penderita diabetes

1. Kelola asupan karbohidrat Anda 

Tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi gula (kebanyakan glukosa), dan kemudian insulin membantu tubuh Anda menggunakan dan menyimpan gula untuk energi. 

Ketika Anda makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah fungsi insulin, proses ini gagal, dan kadar glukosa darah bisa meningkat. 

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan tentang ini. American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan untuk mengelola asupan karbohidrat dengan menghitung karbohidrat dan menyadari berapa banyak yang Anda butuhkan. 

Beberapa penelitian menemukan, metode ini juga dapat membantu Anda merencanakan makanan dengan tepat, yang selanjutnya meningkatkan pengelolaan gula darah. 

Banyak penelitian juga menunjukkan, diet rendah karbohidrat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah. Terlebih lagi, diet rendah karbohidrat dapat membantu mengelola kadar gula darah dalam jangka panjang. 

Baca Juga: 8 Penyebab gula darah naik, Anda harus waspada!

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru