kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

17 Manfaat Ikan Salmon yang Menakjubkan, Baik untuk Jantung & Diet Sehat


Selasa, 24 Oktober 2023 / 04:45 WIB
17 Manfaat Ikan Salmon yang Menakjubkan, Baik untuk Jantung & Diet Sehat
ILUSTRASI. Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MANFAAT IKAN SALMON - Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, salmon merupakan salah satu makanan tersehat di dunia. 

American Heart Association merekomendasikan makan ikan salmon setidaknya dua porsi per minggu. Ini dikarenakan banyak sekali manfaat ikan salmon, di mana ikan ini kaya akan asam lemak omega-3, protein, vitamin, dan mineral yang membantu mengurangi risiko beberapa penyakit dan gejala. 

Berikut 17 manfaat ikan salmon seperti yang dikutip dari Stylecraze dan Healthline:

17 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

1. Menunjang kesehatan tulang

Salmon adalah sumber vitamin D yang baik, dengan sekitar 66% DV dalam porsi 3,5 ons (100 gram) salmon budidaya. Vitamin D merupakan mikronutrien penting yang berperan sentral dalam kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium.

2. Lezat dan serbaguna

Salmon memang lezat. Ikan ini memiliki rasa yang unik dan lembut dengan rasa yang tidak terlalu “amis” dibandingkan jenis ikan berlemak lainnya, seperti sarden dan makarel. Ikan salmon juga sangat serbaguna. Bisa dikukus, ditumis, diasap, dipanggang, dipanggang, atau direbus. Bisa juga disajikan mentah dalam sushi dan sashimi.

Baca Juga: 7 Manfaat Rutin Makan Ikan Laut Buat Kesehatan Anak dan Remaja, Orangtua Perhatikan!

Selain itu, salmon kalengan adalah pilihan cepat dan murah yang memberikan manfaat kesehatan yang sama mengesankannya dengan ikan segar. Faktanya, hampir semua salmon kalengan adalah salmon liar, bukan hasil budidaya, dan profil nutrisinya sangat baik.

3. Baik untuk jantung

Fakta nutrisi yang disebutkan di atas jelas menunjukkan bahwa salmon kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang memiliki banyak ikatan rangkap. EPA dan DHA adalah dua jenis asam lemak omega-3 yang terdapat dalam salmon. Ini membantu mengurangi kadar trigliserida serum dengan mengurangi kadar LDL dan meningkatkan degradasi asam lemak. Ikan ini mencegah pembentukan plak dan dapat melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular dan stroke.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Sudah Coba?




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×